Thursday, 09 August 2018 13:06

Indonesia Terus Sampaikan Konsep Indo-Pasifik ke Berbagai Pihak

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan, sejauh ini Indonesia sudah melakukan konsultasi terkait konsep Indo-Pasifik dari perspektif Indonesia dengan Negara-negara ASEAN beserta mitranya. Hal itu disampaikan Menteri Retno Marsudi usai menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun ASEAN ke-51 di Jakarta, Rabu (8 Agustus). Ia berharap, konsep Indo–Pasifik akan semakin mendukung sentralitas dan peran ASEAN dalam tatanan global.Konsep Indo-Pasifik menjadi salah satu perhatian Indonesia di tahun ini.  Konsep ini cukup sering dipaparkan delegasi Indonesia di sejumlah acara internasional, termasuk forum pertemuan menteri luar negeri ASEAN Konferensi Pasca-Pertemuan Tingkat Menteri di Singapura beberapa waktu lalu.

Tetapi at least Indonesia sudah menyampaikan konsepnya. Kita sudah mengedarkan perspektif Indonesia melihat Indo – Pasifik. Kita sudah melakukan konsultasi baik dengan negara ASEAN tentunya. Nanti konsep ini akan menjadi konsep ASEAN dan ASEAN akan menjadi sentral. Menjadi pusat dari diskusi mengenai ini dan kita juga melakukan konsultasi dengan para mitra kita. Jadi kita konsultasi itu lama, Ini sudah lama dari tahun yang lalu dan bahkan saat pertemuan AMM – PMC kemarin kita menerjunkan satu tim khusus untuk melakukan lobi dan juga melakukan diskusi lebih lanjut mengenai masalah konsep Indo – Pasifik.

Lebih lanjut Menteri Retno Marsudi mengatakan, konsep Indo-Pasifik yang dipaparkan dari perspektif Indonesia juga mencakup keseluruhan bidang, seperti ekonomi dan keamanan serta kesejahteraan kawasan. Konsep ini sendiri, menurut Retno Marsudi,disambut dengan baik oleh berbagai pihak dan negara.  Namun, pihaknya tidak bisa menargetkan kapan konsep ini bisa diadopsi oleh ASEAN. Karena, berbagai pihak akan memiliki perspektif dan pandangan masing-masing. Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi, menekankan pentingnya memperkuat sentralitas ASEAN di antara masing-masing negara anggotanya. Menurutnya, dengan kuatnya sentralitas dan persatuan antara sesama anggota, ASEAN bisa sukses menjadikan kawasan pusat multilateralisme berkelanjutan, termasuk dalam penerapan konsep kerja sama Indo-Pasifik.Rezha

Read 59 times Last modified on Thursday, 09 August 2018 14:41