Tuesday, 14 August 2018 11:07

World Peace Forum Ketujuh Akan Hasilkan Pesan Perdamaian

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Kantor Utusan Khusus Presiden untuk Dialog, Kerja Sama Antaragama dan Peradaban berkolaborasi dengan Centre for Dialogue and Cooperation Among Civilizations (CDCC) dan Cheng Ho Multi Cultural and Education Trust of Malaysia kembali menggelar The World Peace Forum (WPF) ketujuh. WPF yang ketujuh saat ini sedang digelar di Jakarta hingga 16 Agustus 2018.  Sekitar 100 tokoh perdamaian, aktivis, 40 negara, tokoh- tokoh agamawan, cendikiawan dalam negeri hadir dalam forum ini. WPF yang ketujuh ini mengambil tema ‘The Middle Path for the World Civilization’ atau konsep wawasan jalan tengah, keseimbangan tentang keadilan yang diajukan untuk peradaban dunia. Terkait dengan konsep tersebut, Ketua Steering Comittee WFP ketujuh, Yuli Mumpuni dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin mengatakan pihaknya telah menerima beberapa masukan terkait dengan  pesan perdamaian yang nantinya akan dihasilkan pada forum tersebut untuk kemudian dijadikan dasar oleh para pengambil keputusan di masing – masing negara.

“Steering committee memang sudah mendapatkan masukan – masukan apa–apa yang nanti akan menjadi hasil, semacam pesan dari para peace aktivis yang akan hadir dalam forum tersebut yang akan berpartisipasi memberikan kontribusi mereka, exchange of use mereka, berdasarkan pengalaman mereka dalam mendorong atau meningkatkan perdamaian di negara mereka masing–masing, maupun di aktivitas sesuai dengan organisasi mereka. Nah beberapa usulan konkrit yang ingin yang ingin disampaikan, maksudnya pesan–pesan. Kan ini semacam appeal. World appeal untuk para pengambil keputusan. Bagaimanapun nanti untuk implementasinya tergantung para pengambil keputusan.”

Yuli Mumpuni menambahkan dalam forum itu nantinya juga akan dibahas mengenai jalan tengah ekonomi, budaya dan politik di WPF ketujuh. Selain itu, nanti juga akan dibuat semacam kelompok bagi peserta yang fokus pada satu persoalan. Akan ada rekomendasi semacam grup yang interest mengenai isu apa akan dibuat kelompok atau pesan yang berpartisipasi dalam mendorong perdamaian. (VOI/Rezha)

Read 667 times Last modified on Tuesday, 14 August 2018 14:04