Tuesday, 14 August 2018 07:24

“Nilai Nilai Pancasila Menjadi Perekat Kehidupan Berbangsa.”

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pancasila sebagai ideologi akan kuat dan membumi dalam kehidupan berbangsa apabila Pancasila  dilaksanakan dalam tingkah laku kehidupan warga negara.  Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu saat  memberikan kuliah umum di Universitas Tarumanegara, Rabu (8/8) mengungkapkan hal itu. Menurutnya, ada ancaman terhadap eksistensi ideologi Pancasila di era moderen saat ini.   Seperti dikutip Kompas.com,  Menteri Pertahanan mengaku khawatir  adanya penyusupan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila melalui kecepatan teknologi dan informasi.  Pola pikir  Pancasila menjadi sangat penting untuk dimengerti mengingat  di dunia terdapat banyak ideologi-ideologi seperti Liberal, Sosialis, Komunis.

Menurut Menteri Ryamizard ketiga ideologi itu dapat dikalahkan dengan nilai-nilail yang ada di dalam Pancasila.  Nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila  menjadi pemersatu bangsa Indonesia hingga kini.  Oleh karena itu, Ryamizard meminta penanaman nilai-nilai ideologi Pancasila harus terus diperkuat di masyarakat, termasuk di kampus-kampus .  Kampus tidak hanya mengembangkan kecerdasan masyarakat kampus, tetapi juga membangun wawasan kebangsaan.   Menteri Pertahanan  berharap kepada mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri untuk mewujudkan cita-cita bangsa  serta menjadi pemimpin yang dapat memberikan solusi di setiap permasalahan.

                            

Sementara itu ,  Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta kaum muda untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Dikatakan Bambang terbukti hingga kini Pancasila mampu menjadi pondasi yang menguatkan keragaman dan kebhinekaan Bangsa Indonesia.  Seperti dikutip viva.com Ketua DPR dalam acara Seminar Nasional ‘Pemantapan Wawasan Kebangsaan XII’ yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) pimpinan  Surabaya, Jawa Timur (8, 8) mengatakan tanpa Pancasila, bangsa Indonesia  akan hancur berantakan.  Tanpa pemuda yang berjiwa Pancasila, bangsa Indonesia  akan tenggelam dalam bayang-bayang.

Bambang meminta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) harus menjadi lokomotif pemuda dalam menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai perekat kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bambang juga menggagas pentingnya dibuat Rancangan Undang Undang Pemantapan dan Pelaksanaan Ideologi Pancasila . Sehingga, Pancasila dapat dihayati dan diamalkan secara berkelanjutan di semua lini kehidupan ,  khususnya, dalam kehidupan kaum muda sebagai tunas masa depan bangsa

Read 1652 times