Wednesday, 15 August 2018 00:00

Jakarta Model United Nations 2018

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Warna Warni kali ini akan sajikan informasi mengenai JAKARTA MODEL UNITED NATIONS 2018 yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 9 – 12 Agustus 2018 yang lalu. Jakarta Model United Nations (Jakarta MUN) 2018 merupakan sebuah acara yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya oleh International Student Association for International Studies (ISAFIS), sebuah organisasi pemuda yang berbasis di wilayah Jabodetabek.MUN adalah sebuah kegiatan model simulasi sidang Perserikatan Bangsa-bangsa yang mengajarkan pada para pemuda tata cara sidang Perserikatan Bangsa-bangsa dan bagaimana sebuah keputusan dibuat atau diambil dan juga cara-cara negoasiasi dari negara-negara peserta sebelum ketetapan PBB (UN Resolution) ditetapkan pada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (UN General Assembly).

MUN 2018 merupakan kegiatan yang ke kedelapan, dan didukung oleh United Nations Information Center (UNIC) dengan menggunakan prosedur yang berbeda dari pelaksanaan MUN tahun-tahun sebelumnya dan Model United Nations Conference lainnya.

Jakarta MUN 2018 mengangkat tema “Sustaining Development through Youth Diplomacy” yang berarti Menopang Pembangunan Melalui Diplomasi Pemuda. Presiden ISAFIS, Nadia Caroline Siemarga mengatakan dalam wawancara dengan Voice of Indonesia, bahwa MUN 2018 menggunakan prosedur yang berbeda dari pelaksanaan MUN pada tahun-tahun sebelumnya.

INSERT 1:

“Seringkali kita melihat bahwa simulasi model sidang PBB yang ada justru kurang merepresentasikan nilai-nilai yang ada di PBB itu sendiri. Bagaimana setiap negara memiliki hak untuk bersuara dan bagaimana untuk membuat keputusan kita justru mengedapankan musyawarah agar semuanya sepakat dan kesepakatan itu bisa dijalankan di level internasional bahkan level nasional masing-masing negara. Kami menggunakan satu prosedur baru yang bernama UN4MUN dan karena itu mendapatkan dukungan dari UNIC”.

Prosedur baru yang digunakan dalam kegiatan Jakarta MUN 2018 lalu didukung oleh UNIC dengan sebuah tujuan penting untuk mengedepankan dan menyebarkan nilai-nilai yang diusung oleh PBB.

INSERT 2:

“Dengan ini kami berharap bahwa pada Model Sidang PBB kedepannya, kita dapat menyebarkan nilai-nilai dari PBB itu sendiri, yaitu dalam membuat satu keputusan kita harus mengedepankan konsensus dan juga diplomasi “.

Jakarta Model United Nations (MUN) 2018 berlangsung dari tanggal 9-12 Agustus lalu. Kegiatan ini didukung oleh United Nations Information Center (UNIC) membahas berbagai permasalahan penting yang dihadapi dunia salah satunya permasalahan kesetaraan gender. Rangkaian kegiatan Jakarta MUN 2018 ditutup pada Minggu, 12 Agustus 2018 lalu bertetapan dengan peringatan International Youth Day atau Hari Pemuda Internasional 2018, berkolaburasi dengan berbagai organisasi pemuda di Indonesia.

“Untuk acara closing talk show, kami membicarakan mengenai kesetaraan gender untuk merayakan International Youth Day. Kami mengundang beberapa organisasi pemuda. Beberapa diantaranya yaitu Sandya Institute, Sinergi Muda, dan juga 2030 (baca twentythirty) Youth Force”.

Jakarta MUN 2018 selain mengajarkan pada para peserta tata cara bersidang dan bernegosiasi dalam sebuah sidang umum yang melibatkan banyak perwakilan dari berbagai negara anggota PBB, juga memperkenalkan kebudayaan Jakarta yang menjadi tempat pelaksanaan Jakarta Model United Nations kali ini.

“Disamping acara-acara yang pure subtance, kita juga ada acara seperti cultural night dimana kita mengenalkan budaya pada mereka terutama budaya Jakarta karena acaranya bernama Jakarta and UN”.

peran pemuda sangatlah penting dalam membuat perubahan pada pembangunan. Untuk itu, para pemuda Indonesia yang tergabung dalam ISAFIS dan berbagai organisasi pemuda lainnya terus menunjukkan keperdulian mereka pada pembangunan dan menyuarakan pendapat mereka melalui berbagai kegiatan-kegiatan kepemudaan yang bermanfaat, seperti Jakarta Model United Nations tersebut. Hal itu dilakukan karena kecintaan mereka pada negara.

Read 1009 times Last modified on Wednesday, 15 August 2018 11:41