Monday, 27 August 2018 11:39

Prestasi Kontingen Indonesia Yang Membanggakan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Perhatian bangsa Indonesia khususnya, dan pecinta olahraga Asia pada umumnya masih pada Asian Games 2018. Pelaksanaan Asian Games ke 18 masih tersisa beberapa hari. Kurang lebih setengah dari 462 medali emas sudah dimiliki beberapa negara.  RRT mendominasi peraihan emas. Pemecahan rekor pun terjadi beberapa kali.  Seperti untuk nomor 4x100 gaya ganti estafet renang putri , tim Jepang mencatatkan rekor baru di Asian Games 2018 dengan  waktu 3 menit 3,54 detik.  Pemecahan rekor dunia juga  terjadi di cabang olahraga angkat besi Asian Games 2018. Atlit Iran Sohrab Moradi mengangkat beban 189 kilogram, menumbangkan rekor 188 kilogram yang diciptakan oleh atlit Yunani Akakios Kakiasvilis pada tahun 1999.

Perhatian lebih diberikan oleh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jakarta dan Palembang kepada atlit-atlit Indonesia. Rasa bangga semakin tebal dalam diri masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena berhasil menyelenggarakan upacara pembukaan yang spektakuler dan menjadi perbincangan di negara-negara Asia lainnya, tetapi capaian medali emas hampir mendekati  jumlah yang ditargetkan,  16 emas. Sampai hari ke Sembilan, 26 Agustus  kemarin,  kontingen Indonesia sudah mencatatkan 12 medali emas. Ada juga Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang mempersembahkan perak. Ini merupakan  medali pertama yang diraih Indonesia dalam cabang olahraga menembak setelah yang terakhir diperoleh pada 1966. 

Dari raihan medali, saat ini Indonesia sudah berada dalam 10 besar. Satu target sudah dicapai. Tinggal mencapai target mengalungi 16 medali emas.

Harus puaskah Indonesia dengan jumlah medali yang diraih? Apalagi jumlah yang dicapai sudah melampaui raihan pada tahun 2014. Dalam Asian Games ke 17 Indonesia hanya meraih    4 medali emas, 5 perak, dan 11 perunggu. 

Untuk mencapai hasil yang lebih baik, tentu tak bisa cepat berpuas diri. Begitu juga dengan catatan prestasi kontingen Indonesia dalam Asian Games 2018. Tetapi paling tidak upaya dan usaha keras yang dilakukan selama  4 tahun sudah memperlihatkan hasil.  Hingga kemarin malam, perolehan medali Indonesia adalah 12 medali emas, 12 perak dan 24 perunggu.

Kontingen Indonesia memang  berjuang sepenuh jiwa raga  untuk memberikan medali bagi Indonesia. Apalagi dengan dukungan dari banyak pihak, seperti kehadiran menteri Pemuda dan Olahraga dalam pertandingan dan lomba untuk memberikan semangat. Bahkan Presiden Joko Widodo, juga hadir di beberapa pertandinga final.  Dukungan ini tentunya akan menambah semangat tanding dan lomba atlit-atlit Indonesia.

Hasil yang telah dicapai oleh kontingen Indonesia menambah rasa bangga Indonesia akan pelaksanaan Asian Games 2018.  Kesuksesan Indonesia menyajikan upacara pembukaan yang luar biasa, menjadi tuan rumah yang baik, dan prestasi yang dicapai, semua akan menjadi catatan sejarah pelaksanaan Asian Games.

Semoga apa yang dicapai di Asian Games ke 18 akan  mendorong  atlit-atlit Indonesia untuk mencatat prestasi yang lebih baik lagi. Karena masih banyak ajang-ajang besar yang harus diikuti  Indonesia, seperti Olympiade tahun 2020.  Hasil baik di Asian Games 2018, hendaknya  memotivasi Indonesia untuk menjadi yang teratas di Asia, seperti yang pernah dicatat Indonesia dalam Asian Games 1962  yaitu menempati posisi kedua.

Terus maju olahraga di Indonesia.

Read 876 times