Wednesday, 05 September 2018 00:00

Hari Amal Internasional

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Dalam edisi Warna Warni kali ini sajikan informasi mengenai HARI AMAL INTERNASIONAL. Untuk mengetahui lebih banyak tentang peringatan tersebut, pastikan Anda tetap bersama kami di www.voinews.id.Pernahkah anda mendengar tentang sebuah momen penting yang diperingati pada setiap tanggal 5 September? Benar! Tanggal 5 September adalah hari dimana masyarakat dunia memperingati Hari Amal Internasional atau International Day of Charity. Tapi apakah anda tahu cerita yang melatar belakangi peringatan tersebut? Adalah Bunda Teresa, seorang tokoh peraih nobel perdamaian pada tahun 1979 atas usaha-usaha dan perjuangannya dalam mengentaskan kemiskinan dan kesusahan yang merupakan ancaman bagi perdamaian dunia.Perjuangan Bunda Teresa kemudian banyak ditiru oleh berbagai organisasi dan individu di dunia sehingga Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui resolusi A / RES / 67/105, memberi pengakuan dan menetapkan hari kematian Bunda Teresa pada 5 September sebagai Hari Amal Internasional, sebagai bentuk penghargaan atas perannya dalam mengurangi krisis kemanusiaan dan penderitaan manusia dari berbagai negara.

Hari Amal Internasional mulai diperingati pada tahun 2013. Peringatan tersebut memiliki tujuan mulia untuk mengajak semua negara, organisasi internasional dan regional, serta masyarakat sipil, termasuk organisasi non-pemerintah dan individu di dunia untuk melakukan amal dalam berbagai bentuk, termasuk melalui pendidikan dan kegiatan peningkatan kesadaran publik dengan cara yang tepat.

Amal atau charity memiliki pengertian tentang kesukarelaan dan filantropi, memberikan ikatan sosial yang nyata dan berkontribusi terhadap penciptaan masyarakat inklusif dan lebih tangguh, karena amal dapat meringankan dampak terburuk dari berbagai krisis kemanusiaan, melengkapi pelayanan publik dalam bidang kesehatan, pendidikan, perumahan dan perlindungan anak.

Indonesia memiliki tekad untuk berperan dalam mengentaskan kemiskinan dan kesusahan yang dihadapi dunia. Tekad tersebut diwujudkan melalui keterlibatan Indonesia dalam berbagai bantuan kemanusiaan di berbagai wilayah konflik dunia. Masyarakat Indonesia berperan sangat aktif dalam mendukung pemerintah melalui amal yang disalurkan di berbagai badan amal yang ada di negeri ini.

Teknologi informasi pun ikut dikembangkan sehingga berbagai terobosan baru dalam bidang teknologi telah di temukan yang memungkinkan masyarakat untuk beramal secara online, melalui berbagai aplikasi di ponsel pintar yang mereka miliki. Jadi, sudahkah anda beramal hari ini?

Read 1263 times