Thursday, 06 September 2018 00:00

Aplikasi Laut Nusantara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Indonesia adalah negara maritim, dimana luas wilayah laut mencapai dua pertiga total luas wilayahnya, sehingganegeri inidianugerahi dengan potensi laut yang luar biasa. Berbagai macam spesies laut ada di Indonesia dan kekayaan laut menjadi komoditas yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Salah satu cara untuk memanfaatkan kekayaan tersebut adalah dengan memberdayakan nelayan Indonesia melalui teknologi terbaru seperti penggunaan aplikasi ponsel pintar, yakni aplikasi Laut Nusantara. Selain untuk meningkatkan produktivitas nelayan, aplikasi ini juga untuk membantu keamanan kerja para nelayan. 

Aplikasi Laut Nusantara baru- baru ini diluncurkan oleh Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, berkerjasama  dengan XL Axiata. Kepala BROL I Nyoman Radiarta, mengatakan, aplikasi ini menyediakan peringatan keselamatan bagi nelayan ketika melaut. Aplikasi Laut Nusantara memberikan informasi arah dan ketinggian gelombang perairan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.Sebelum berangkat melaut, nelayan juga bisa mengakses segala informasi cuaca perairan, yaitu arah angin, kecepatan angin, curah hujan, dan kondisi cuaca. Berdasarkan informasi ini, aplikasi bisa memberikan anjuran apakah aman atau berbahaya untuk melaut.Nyoman mengatakan agar dapat meningkatkan produktivitas nelayan, aplikasi ini menginformasikan daerah perkiraan tangkapan ikan. Aplikasi ini juga memungkinkan nelayan dapat memperhitungkan jumlah BBM yang dikonsumsi untuk menuju ke titik tangkapan ikan. Selain itu nelayan juga bisa mendapatkan informasi real time terkait harga ikan yang di pelabuhan.

aplikasi besutan in house XL Axiata ini menggunakan data-data oseanografi real time resmi dari BROL, sehingga  aplikasi ini mampu mencapai tingkat akurasi ketepatan lokasi keberadaan ikan hingga 50 persen. Artinya bisa dipastikan 50 persen peluang mendapatkan ikan di lokasi yang dipetakan. Jika musim sedang bagus bisa mencapai 70 persen. Peningkatan kemungkinan mendapatkan ikan ini tentu akan bisa meningkatkan produktivitas para nelayan tradisional. Untuk mendapatkan aplikasi ini, nelayan bisa langsung mengunduh aplikasinya melalui Play Store.

 

Read 962 times Last modified on Thursday, 06 September 2018 14:26