Monday, 10 September 2018 00:00

Desa Wisata Organik Lombok Kulon, Jawa Timur

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

jumpa lagi dalam Pesona Indonesia, Hari ini akan memperkenalkan Desa Wisata Organik Lombok Kulon di Jawa Timur. Jawa Timur memiliki banyak wisata alam yang sudah mendunia seperti Gunung Bromo, Pantai Pasir Putih, Kawah Ijen, dan yang lainnya. Namun, tidak hanya wisata yang sudah terkenal, provinsi ini juga miliki banyak potensi wisata yang sampai saat ini masih dikembangkan, seperti Desa Wisata Organik, Lombok Kulon. Desa Lombok Kulon ini berada di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

sejak tahun 2009, desa Lombok Kulon mulai mengangkat konsep “Kampung Organik”, maksudnya hampir semua produk pertanian di desa ini ditanam secara organik. Selain itu, ada sekitar 40 kolam ikan untuk budidaya ikan Gurami, ikan Nila, dan ikan Patin. Tentu saja budidaya ikan ini juga menggunakan konsep organik.

Pada awalnya, konsep desa organik ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat desa. Mereka menerapkan pertanian organik di rumah masing-masing, dan menyediakan homestay untuk pengunjung yang ingin bermalam di desa ini.

ditahun 2013, produk beras desa ini mendapat sertifikasi organik dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (Lessos). Kemudian, desa ini ditetapkan sebagai Desa Wisata Organik, dan mulai mengembangkan berbagai aspek wisata seperti, pembinaan pemandu wisata, promosi desa wisata, dan lain-lain.

Jika berkunjung ke desa ini, Rumah Organik adalah salah satu tempat yang paling diminati oleh pengujung. Karena di Rumah Organik ini, pengunjung dapat mengetahui secara detail mengenai proses budidaya sayur organik serta dapat memetik dan berbelanja langsung hasil produk organiknya.

untuk pergi ke Desa Lombok Kulon ini, memakan waktu sekitar 30 menit dari Kota Bondowoso. Meskipun jalan menuju desa wisata ini cukup sempit, namun akses jalan ke tempat wisata ini sudah cukup nyaman untuk dilalui kendaraan. Berkunjung ke Desa Wisata Organik Lombok Kulon, pengunjung tidak hanya dapat menikmati kuliner dan pertanian organik saja.

Ada juga atraksi lain yang dapat dinikmati, yakni River Tubing atau kegiatan meluncur bebas di aliran sungai dengan menggunakan sebuah ban. Dengan River tubing, pengunjung dapat menikmati arus sungai Wonosroyo yang bersih dan dingin sepanjang dua kilometer. Disana, tersedia sekitar 25 ban untuk aktifitas river tubing ini.

Read 2804 times Last modified on Monday, 10 September 2018 11:16