Sunday, 16 September 2018 00:00

Kartu Perdana Khusus Wisatawan Mancanegara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini mengetengahkan topik mengenai Kartu Perdana Khusus Wisatawan Mancanegara. Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata RI terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan bagi para wisatawan, seperti ketersedian hotel, transportasi, begitu pula kemudahan untuk berkomunikasi. Kemajuan industri pariwisata memerlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk perusahaan telekomunikasi.

Telkomsel merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Telkomsel meluncurkan kartu perdana khusus Simpati. Kartu perdana dirancang khusus dan memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara. Terdapat 11 desain eksklusif sesuai dengan 11 destinasi wisata di Indonesia. Menariknya, wisatawan mencanegara mendapatkan kuota 10 GB hanya dengan harga 100 ribu rupiah. Tidak hanya itu, para wisatawan juga mendapatkan layanan suara serta 300 SMS yang dapat digunakan antar operator internasional maupun domestik dengan masa berlaku selama 14 hari.

Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi, di Jakarta, Kamis, 13 September 2018 mengatakan hal ini merupakan bentuk dukungan untuk program Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI. Paket komunikasi edisi spesial ini dirancang khusus mengkomodasi kebutuhan komunikasi wisatawan mancanegara selama berada di Indonesia. Dengan kerja sama ini, Telkomsel memperkuat jaringan broadband 4G untuk memastikan kualitas dan ketersediaan akses internet di 10 titik destinasi utama.

10 destinasi utama tersebut adalah Danau Toba, Morotai, Wakatobi, Labuan Bajo, Mandalika, Bromo, Candi Borobudur, Kepulauan Seribu, dan Tanjung Kelayang. Dengan adanya layanan simcard khusus wisman ini, diharapkan dapat mendukung percepatan agenda kepariwisataan Indonesia dalam memberikan best tourist experience di Indonesia bagi wisatawan mancanegara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik peluncuran kartu perdana khusus wisatawan "Simpati Tourist Wonderful Indonesia". Menurut menteri, layanan telekomunikasi dan internet menjadi salah satu faktor penunjang yang penting dalam dunia pariwisata. Selain tiga hal utama yang terus dikembangkan pemerintah, yakni atraksi, amenitas dan aksesibilitas (3A). Amenitas adalah fasilitas pariwisata di luar akomodasi seperti restoran, rumah makan, toko cendera mata, taman, rumah ibadah dan lain-lain.

Menteri Arief Yahya dalam acara peluncuran "Simpati Tourist Wonderful Indonesia", Kamis (13/9) kemarin mengatakan kartu perdana dengan spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisman yang didukung dengan jaringan luas dan 4G tentunya akan menjadi kebutuhan yang diminati para wisatawan. Karena menurut Arief, \lLebih dari 70 persen customer pariwisata Indonesia adalah digital traveller, sehingga produk yang ditawarkan sangat sesuai. Kartu perdana ini bisa didapatkan pada mitra pariwisata nasional yang berhubungan dengan wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Presiden Direktur Telkomsel, Ririek Ardiansyah, mengatakan, kartu perdana ini dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara selama berada di Indonesia. Layanan ini disediakan untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan wisatawan yang aktif menggunakan layanan komunikasi dan akses internet selama berada di lokasi wisata, terutama di 10 destinasi utama di Indonesia.

Read 823 times