Wednesday, 19 September 2018 00:00

Hari Perdamaian Internasional

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari Perdamaian Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 21 September. Peringatan tersebut didedikasikan pada perdamaian dunia dalam hal mengakhiri perang dan kekerasan yang terjadi di muka bumi. Hari Perdamaian Internasional, yang secara tidak resmi sering juga disebut dengan Hari Perdamaian Dunia atau Hari Perdamaian seDunia ini ditetapkan pada tahun 1981 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui Resolusi Nomor 55/282 dan diperingati untuk pertama kalinya pada tahun 1982. Pada tahun 2001, dua puluh tahun setelah pertama kali ditetapkan, PBB dengan suara bulat memutuskan untuk menunjuk Hari Perdamaian Internasional sebagai periode non-kekerasan dan gencatan senjata.melalui peringatan Hari Perdamaian Internasional, PBB mengajak seluruh warga dunia untuk menghentikan permusuhan dan memfokuskan diri pada pendidikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu yang berkaitan dengan perdamaian. Hal itu dilakukan sebagai salah satu cara dalam mengurangi bahkan menghilangkan segala bentuk kekerasan perang dari seluruh muka bumi.Melalui pidatonya pada tanggal 16 September 2016 lalu, Sekretaris Jenderal PBB Ban KI Moon telah mengungkapkan tentang 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang merupakan visi bersama PBB dalam hal kemanusiaan dan kontrak sosial antara para pemimpin dunia dan seluruh masyarakatnya yang ditetapkan di New York pada tahun 2015.

perdamaian dunia merupakan tanggung jawab seluruh warga dunia. Berbagai konflik yang terjadi diseluruh muka bumi dapat dikurangi atau dihilangkan apabila seluruh masyarakat mampu menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan keahlian yang dimilikinya untuk kemajuan dan kesejahteraan.

Peringatan Hari Pedamaian Dunia juga bisa dimanfaatkan sebagai sebuah ajang untuk memamerkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat membantu proses terciptanya perdamaian yang menyeluruh pada warga dunia, sehingga perdamaian yang abadi tercipta dimuka bumi.

Read 1417 times