Friday, 05 October 2018 00:00

Lagu Daerah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini, akan menghadirkan lagu-lagu dari daerah Jawa Barat yang juga dikenal dengan sebutan tanah Sunda. Sebagian besar atau hampir seluruh masyarakat Jawa Barat menggunakan dan mengerti bahasa Sunda. Bahasa Sunda membentuk suatu rumpun bahasa yang dimasukkan ke dalam rumpun bahasa Melayu – Sumbawa. Bahasa daerah ini digunakan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam lagu-lagunya. Untuk membuka kebersamaan kali ini, dengarkan sebuah lagu berjudul Sagara Cintadibawakan oleh Tuti Maryati.

demikianlah sebuah lagu Sunda berjudul Sagara Cinta. Dalam bahasa Sunda Sagara Cinta bermakna Lautan Cinta. Walaupun berasal dari daerah Sulawesi Selatan, namun Tuti Maryati fasih berbahasa Sunda. Karena ia menghabiskan masa remajanya di kota Bandung, Jawa Barat. Tak hanya piawai membawakan lagu-lagu keroncong, Tuti juga dapat membawakan lagu-lagu berbahasa Sunda dengan baik. Karakter vocalnya yang merdu dan lembut sangat sesuai untuk membawakan lagu berbahasa Sunda. Selain aktif menyanyi di dalam negeri Tuti Maryati juga sering ikut misi kebudayaan ke berbagai negara untuk menyanyi.

selanjutnya kita dengarkan sebuah lagu berjudul Midua Cinta”.Midua Cinta dalam bahasa Sunda berarti menduakan cinta. Lagu ini bercerita tentang seorang yang putus cinta. Rasa cinta dan sayang hilang dan sirna entah kemana. Cintanya sudah pergi, sang kekasih telah menduakan cintanya. Pendengar, selamat mendengarkan “Midua Cinta” dari Merry Andani

Merry Andani merupakan penyanyi Indonesia yang membawakan lagu-lagu bergenre dangdut. Wanita kelahiran Bandung, Jawa Barat ini mulai dikenal di dunia musik hiburan Indonesia melalui lagu berjudul “Dinding Pemisah” yang populer pada tahun 1990-an. Tidak heran jika Merry mampu membawakan lagu- lagu Sunda dengan baik.

selanjutnya kami ajak anda untuk dengarkan lagu berjudul Bimbang yang dibawakan oleh Tuti Maryati. Pelangi Nada edisi kali ini akan kita tutup dengan sebuah lagu berjudul Neng Geulis yang dibawakan oleh Vika.

Read 1078 times
More in this category: « Koes Plus Pop »