Sunday, 07 October 2018 00:00

Ketan Keratok

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Berjumpa lagi dalam Pesona Indonesia. Hari ini kami akan mengajak anda berwisata kuliner ke kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, untuk mencicipi Ketan Keratok.

ada beragam objek wisata menarik di kota Probolinggo, Provinsi Jawa Timur yang dapat anda nikmati jika berkunjung kesana, seperti Taman Wisata Studi Lingkungan, Pelabuhan Tanjung Tembaga, Alun-Alun kota Probolinggo dan Taman Manula. Selepas berwisata mengunjungi objek-objek wisata tersebut,anda dapat melanjutkanlah wisata anda di kota tersebut dengan mencicipi kuliner khas Probolinggo. Salah satu kuliner khasnya yang dapat anda cicipi adalah Ketan Keratok.

Ketan keratok adalah ketan yang dimasak dengan campuran kacang kara yang dalam bahasa Madura disebut keratok. Ketan keratok disajikan dengan taburan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah. Namun siraman gula merah ini tergantung selera, karena kadang ada yang tidak menginginkan siraman gula merah pada ketannya. Namun ternyata ada juga yang meminta ketan justru ditaburi garam. Ketika disantap, rasa ketan nan legit akan berpadu dengan keratok yang gurih. Kemudian ketika menambahkan siraman gula merah, rasa manis gurih akan muncul di lidah. Paduan rasa gurih dan manis ketan keratok menambah kelezatan kuliner ini.

untuk memasak ketan keratok, kacang kara atau keratok yang sudah dikuliti harus direbus terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah mendidih, diangkat sebentar dari tungku, kemudian dididihkan lagi hinggalima kali. Setelah dimasak secara terpisah selama enam kali, keratok akan dikukus bercampur dengan ketan. Ketan yang sudah dicampur keratok ini dimasak menggunakan tungku dengan kayu bakar sebagai bahan bakar, agar ketan keratok terasa lebih nikmat. Proses memasak hingga enam kali itu bertujuan untuk menghindari salah masak. Jika salah masak terjadi, ketan kerotok bisa membuat penikmatnya mengalami sakit kepala.

ketan kerotok dapat anda nikmati di warung-warung ketan kerotok yang tersebar di kota Probolinggo. Namun untuk mencicipi kuliner ini, anda hanya dapat membelinya di pagi hari sekitar pukul 4 hingga 10 pagi, karena sebenarnya ketan kerotok adalah santapan khas pagi hari masyarakat Probolinggo. Agar terasa lebih nikmat, nikmatilah ketan kerotok bersama segelas kopi atau teh. Sepiring ketan kerotok dijual sekitar lima ribu Rupiah . Jika ditambah dengan segelas kopi atau teh, anda diharuskan membayar lagi sebesar dua ribu Rupiah.

Read 1464 times Last modified on Monday, 08 October 2018 13:59