Thursday, 11 October 2018 00:00

PERFECT, Aplikasi Pengukur Kematangan Buah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi mengenai PERFECT, Aplikasi Pengukur Kematangan Buah.

, Mayoritas penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani. Sebagai petani, tentunya masyarakat menginginkan hasil panen yang melimpah dengan kualitas baik dimana hasil panen matang dengan baik. Untuk mendapatkan hasil panen yang matang perlu tahu masa panen yang tepat. Karena itulah, untuk membantu para petani menentukan masa panen yang tepat, Mahasiswi Sebelas Maret (UNS) Solo Ratih Rachmatika mengembangkan PERFECT, aplikasi android untuk mengukur tingkat kematangan buah. 

Aplikasi yang dinamakan Perishable Food Maturity and Freshness Detector (PERFECT) sengaja dirancang untuk membantu petani mengidentifikasi tingkat kematangan buah. Tujuannya adalah untuk menentukan saat yang tepat untuk memanennya. Selama ini banyak masyarakat yang mengandalkan perkiraan untuk menentukan masa panen. Misalnya, buah pisang harus dipanen saat tingkat kematangannya mencapai 70 persen, sehingga tidak terlalu matang atau bahkan busuk saat berada di tangan konsumen.

Penghitungan tingkat kematangan harus akurat, apalagi jika buah akan dipasarkan hingga luar negeri atau diekspor. Tingkat kematangan bisa teridentifikasi dari warna kulit buahnya. Warna-warna itu terbentuk melalui komposisi warna red, green dan blue (RGB). Aplikasi itu digunakan untuk mengukur komposisi warna buah dengan database yang telah tertanam di aplikasi. Dalam penggunaannya, petani tinggal memotret buah yang akan dipanen menggunakan fitur kamera di android lantas diproses menggunakan aplikasi Perfect. Aplikasi itu akan menghitung komposisi warna RGB dalam foto itu. Dari proses itu akan terlihat tingkat kematangannya. Aplikasi itu masih perlu pengembangan lebih lanjut. Saat ini baru bisa digunakan untuk mengukur tingkat kematangan Pisang Ambon.

PERFECT, tidak hanya ditujukan untuk petani. Aplikasi ini juga berguna bagi konsumen yang membeli bahan makanan. Dengan alikasi ini, Konsumen bisa terhindar dari membeli bahan makanan yang sudah busuk. Konsumen tinggal memotret bahan makanan yang hendak dibeli menggunakan android lantas memprosesnya melalui aplikasi PERFECT. Makanan yang busuk memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Tingkat keasaman itu akan berpengaruh pada warna. Aplikasi ini akan menghitung tingkat keasaman melalui foto yang diperoleh. Aplikasi PERFECT telah menjadi juara tiga dalam kompetisi karya tulis ilmiah (LKTI) nasional yang diselenggarakan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank.

 

Read 87 times Last modified on Thursday, 11 October 2018 14:16