Sunday, 28 October 2018 00:00

Peringatan Sumpah Pemuda 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini mengetengahkan topik mengenai Peringatan Sumpah Pemuda 2018. Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda yang merupakan satu tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia."Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda yang diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Jakarta. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia. Istilah Sumpah Pemuda sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Tiga keputusan kongres tersebut tercantum pada prasasti di dinding  Museum Sumpah Pemuda Jakarta dengan menggunakan ejaan van ophuysen.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2018 ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan bertajuk 'Bangun Pemuda Satukan Indonesia'. Sumpah Pemuda merupakan momentum historis mempersatukan semua elemen bangsa untuk menghadapi semua tantangan bersama. Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, dengan adanya Event 'Bangun Pemuda' diharapkan dapat meneguhkan persatuan seluruh elemen bangsa menghadapi segala permasalahan yang kita hadapi saat ini melalui aksi konkret untuk Indonesia. Sejumlah event utama dan pendukung di antaranya Sarasehan Legenda Pemuda, dilaksanakan pada 27 Oktober yang dihadiri oleh para tokoh pemuda pendahulu. Upacara bendera pada 28 Oktober, yang diikuti seluruh staf Kemenpora bersama sejumlah organisasi Kepemudaan dan bibit atlet berprestasi Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda (akan) dipimpin oleh Presiden Joko Widodo bersama sekitar 28 ribu pemuda di Gelanggang Olahraga Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur yang dikemas dalam Youth Expo and Festival pada tanggal 28 Oktober 2018. Acara Youth Expo and Festival diisi dengan berbagai acara menarik, di antaranya talkshow dan exhibition, karnaval, pameran kewirausahaan pemuda, komunitas, dan hiburan.Talkshow dan exhibition akan menampilkan pahlawan muda masa kini untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga bisa sukses di usia muda. Seperti pengusaha dan motivator Merry Riana, pendiri Nalacity Foundation Hafiza Elfira, pendiri rumah kreatif Banjarmasin Muhammad Aripin, pemenang medali emas Asian Games 2018 & Asian Para Games 2018.

Sementara event karnaval menampilkan parade seni dan budaya yang diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan para pemuda dari berbagai sekolah, kampus, dan kampung se-Jabodetabek dengan menggunakan baju daerah dan koreografi yang menarik. Untuk pameran kewirausahaan pemuda, lebih dari 300 stand yang meliputi clothing/fashion, handicraft, music/sport, kuliner, dan lain-lain. Selain itu, ada atraksi dan unjuk kemampuan komunitas dan individu dalam berbagai cabang aktivitas, seperti BMX, skateboard, dance, freestyle-basket ball dan street performance lainnya. Tak ketinggalan juga akan ada berbagai tarian daerah yang berpadu dengan pertunjukan musik pada 2 panggung berbeda yang dimeriahkan oleh sejumlah band ternama seperti Republik, Cokelat, Tipe-X, dan Kotak.Sebagai penutup rangkaian peringatan HSP ke-90 diadakan Malam Anugerah Kepemudaan 2018 pada Senin (29 Oktober 2018) yang berlangsung di Balai Samudera TNI AL, Jakarta. Diharapkan melalui semua event ini dapat menimbulkan kebanggaan para pemuda dengan melihat kembali Semangat Pemuda di tahun 1928. Ni’am menambahkan, melalui event ini, seluruh bangsa Indonesia akan melihat bahwa Indonesia bisa berbangga memiliki ribuan pemuda yang menjadi pahlawan muda dengan cara mereka masing-masing, memberikan masa depan cerah bagi Indonesia.

Read 889 times