Tuesday, 30 October 2018 00:00

Museum Tsunami Aceh Jadi Museum Terpopuler 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Dalam edisi Warna Warni kali ini saya sajikan informasi Museum Tsunami Aceh Jadi Museum Terpopuler 2018. 

Tsunami menghantam Aceh pada 2004. Aceh membangun museum serta tugu untuk memperingati bencana alam luar biasa itu. Museum Tsunami Aceh meraih penghargaan sebagai Museum Populer di ajang Indonesia Museum Award 2018. Penghargaan sebagai museum populer ini diberikan pada Minggu 14 Oktober lalu. Penghargaan dari Indonesia Museum Award ini diikuti oleh 400 museum se-Indonesia. Dalam event ini, ada enam kategori penghargaan yaitu Museum Cerdas, Museum Lestari, Museum Bersahabat, Museum Unik, Museum Populer dan Museum Kreatif. Dewan juri kemudian memilih untuk menentukan masing-masing kategori untuk satu pemenang.

Sejak dibangun 2008 lalu, bangunan karya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ini menjadi wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Aceh. Museum Tsunami Aceh diresmikan lima tahun tahun pasca-tsunami Aceh. Museum ini disebut juga sebagai Rumoh Aceh Escape Hill, gedung dengan susunan empat lantai yang memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi yang dinding lengkungnya ditutupi oleh relief berupa geometris. Tampilan interior Museum Tsunami Aceh merupakan sebuah Tunnel of Sorrow, menggiring pengunjung ke dalam kenangan sebuah perenungan atas musibah dahsyat yang menghantam warga Aceh pada tahun 2004 lalu. Di museum ini terdapat banyak literatur yang membawa dampak untuk mengenang kesedihan yang dialami penduduk Aceh. Jika dilihat dari atas, bangunan ini menyerupai kapal. Dari desain yang sarat dengan nilai kearifan lokal serta pengunjung yang setiap hari selalu memenuhi museum, sehingga museum tsunami dianugerahi sebagai museum populer di Indonesia Tahun 2018. 

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rasyidah Dallah, mewakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, di Jakarta menerima penghargaan tersebut. Ia mengatakan, dengan prestasi ini menandakan bahwa Museum Tsunami mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan Internasional. Oleh karena itu, Museum Tsunami kini terus berbenah ke arah yang lebih baik untuk menjadi pelopor terdepan dalam edukasi dan mitigasi bencana Tsunami untuk dunia. Bangunan museum tsunami kini menjadi landmark kedua kota Banda Aceh setelah Masjid Raya Baiturrahman.

Read 978 times