Tuesday, 30 October 2018 13:58

Trade Expo Indonesia 2018 Buktikan Produk Indonesia Diminati Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 sukses meraih perolehan fantastis saat penutupan Minggu (28/10). Dalam keterangan tertulisnya,  Menteri Perdagangan, Enggartisto Lukita mengatakan, transaksi TEI tahun 2018 ini sukses mencapai 8,45 miliar dolar AS atau setara hampir Rp127 triliun. Transaksi setelah penghitungan masih terus berjalan dan dipastikan hasilnya akan bertambah.

Enggartiasto menjelaskan, total nilai transaksi TEI 2018 terdiri dari transaksi investasi sebesar 5,55 miliar dolar AS, transaksi pariwisata sebesar 170,5 juta dolar AS, dan transaksi produk dengan total 2,73 miliar dolar AS. Transaksi produk tersebut terdiri atas, pembelian produk barang dan jasa, transaksi langsung saat pameran, misi dagang lokal, business matching dan Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara.

Menteri Perdagangan menyatakan rasa bangga karena penyelenggaraan Trade Expo Indonesia tahun ini dapat melampaui target awal sebesar 1,5 miliar dolar AS. Enggartiasto mengungkapkan produk-produk yang banyak diminati para pembeli pada TEI kali ini terdiri dari produk-produk informasi dan teknologi, makanan olahan, produk-produk kimia, minyak kelapa sawit mentah (CPO), produk-produk perikanan, serta kertas dan produk kertas. Sedangkan, negara-negara dengan nilai transaksi perdagangan keseluruhan tertinggi adalah  Arab Saudi, Jepang, Inggris, Mesir, dan Amerika Serikat.

TEI tahun ini juga mencatatkan jumlah pengunjung terbanyak. Hingga hari Minggu (28/10) tercatat sebanyak 28.155 orang dari 132 negara. Jumlah ini meningkat sebesar 1,6% dibandingkan tahun lalu.

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan Pameran Pangan Nusa juga sekaligus dilangsungkan di arena TEI dan sukses menarik banyak pengunjung. Tahun ini Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara mencatatkan transaksi yang signifikan sebesar 680 ribu dolar AS, termasuk MoU pembelian minuman anggur atau wine Bali senilai 10 ribu dolar AS.

Perolehan transaksi ini membuktikan bahwa produk-produk Indonesia semakin diakui kualitasnya secara luas dan disegani mengikuti selera pasar ekspor. Ini sesuai dengan tema yang diusung TEI tahun ini yaitu “Creating Products for Global Opportunities,” atau “Menciptakan Produk untuk Peluang Global.”

Kesuksesan Trade Expo Indonesia membuktikan bahwa produk-produk Indonesia juga terus diminati pembeli dari berbagai negara. Kecenderungan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ekspor terutama produk non migas. Hal ini  penting untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tentu saja itu harus dibarengi dengan mengurangi impor hingga seminim mungkin.

Read 833 times Last modified on Saturday, 03 November 2018 14:01