Wednesday, 31 October 2018 14:03

Kecaman Kepada Israel Perlu Ditindaklanjuti

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Tindakan kejam tentara Israel memborbardir Gaza, Palestina memunculkan kecaman internasional, termasuk Indonesia. Kemarahan Indonesia terhadap tindakan Israel itu, antara lain dipicu oleh serangan Israel 27 Oktober lalu yang menyebabkan kerusakan pada Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza. Kecaman terhadap tindakan biadab Israel diucapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo 28 Oktober lalu. Menurut Joko Widodo serangan membabi buta Israel itu tidak hanya merusakkan Rumah Sakit tetapi juga wilayah lain di Gaza. 

Sebagaimana dilaporkan sukarelawan Medical Emergency Rescue Committee atau MER C Indonesia, rumah sakit Indonesia rusak di beberapa bagian akibat serangan membabi buta Israel selama dua hari sejak 26 Oktober 2018. 

Tindakan kejam Israel itu sangat berlawanan dengan misi Indonesia membangun rumah sakit di Gaza. Sejak tahun 2008 rumah sakit Indonesia dibangun sebagai wujud solidaritas rakyat dan pemerintah Indonesia, sekaligus sebagai misi kemanusiaan membantu rakyat Palestina yang tinggal di jalur Gaza. Akibat kerusakan yang terjadi, para pasien rumah sakit terpaksa harus dipindahkan dan ditempatkan di lorong lorong rumah sakit yang lebih  aman.

Serangan roket tentara Israel menyebabkan rusaknya rumah sakit,  yang dibangun untuk menunjang misi kemanusiaan . Ini  membuktikan bahwa Israel telah bertindak membabi buta di Jalur Gaza. Dengan alasan membalas serangan pasukan Hizbullah yang berada di wilayah Gaza, tentara Israel diperintahkan menyerang Gaza tanpa lagi memperhitungkan sasaran sasaran strategis. Sudah tidak terhitung lagi jumlah masyarakat sipil yang menjadi korban baik meninggal dunia maupun luka luka. Tidak sedikit anak-anak yang  tidak lagi mempunyai orang tua, atau mereka yang kehilangan orang-orang yang dicintai.

Rasa kemanusiaan nampaknya tidak lagi ada di hati pemerintah Israel. Kendati gencatan senjata sudah diupayakan untuk digelar, namun serangan tetap saja dilakukan dengan gencar.

Indonesia,  melalui Presiden Jokowi sudah langsung mengecam tindakan membabi buta Israel. Sikap itu tentu bukan semata mata karena terjadinya kerusakan di rumah sakit Indonesia. Melainkan sebagai sikap yang konsisten mendukung perjuangan rakyat dan pemerintah Palestina, serta pengakuan atas kedaulatan Palestina. Namun dukungan terhadap Palestina memang tidak cukup sebatas kata kata. Kecaman saja tidak lagi didengar dan diperhatikan oleh Israel. Tindakan nyata sungguh sangat diperlukan agar terasa menjadi tekanan, khususnya melalui berbagai forum internasional.

Read 872 times