Thursday, 13 December 2018 09:19

Arti Penting Peringatan Hari Nusantara

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Setiap tanggal 13 Desember, Indonesia memperingati Hari Nusantara. Peringatan ini untuk mengenang jasa Perdana Menteri Djoeanda Kartawidjaja yang dengan berani pada tanggal 13 Desember 1957 mendeklarasikan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.Hari Nusantara secara resmi ditetapkan oleh Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri  melalui Keputusan Presiden  Nomor 126 tahun 2001.

Generasi sekarang patut bersyukur, karena tanpa DeklarasiDjoeanda, wilayah laut Indonesia hanya meliputi laut sejauh tiga mil dari garis pantai yang mengelilingi pulau-pulau di Indonesia. Sehingga, di antara pulau-pulau Indonesia terdapat laut bebas (internasional), yang memisahkan satu pulau dengan lainnya  dan ini berarti ancaman bagi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.Selain itu,   tanpa Deklarasi Djoeanda  maka potensi kekayaan laut Indonesia hanya sekitar 1/3 dari potensi yang dimiliki sekarang.  

Ketua Umum Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia , Prof. Dr.Ir. Rokhmin Dahuri menyebutkan, Indonesia memiliki potensi ekonomi sektor kelautan yang besar. Bila potensi-potensi ekonomi sectorkelautan ini dikelola secara optimal maka potensi-potensi ekonomi ini bisa mencapai 1,2 triliun dolar AS per tahun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja 40 juta orang.

Sesuai tema peringatan Hari Nusantara 2018, yaitu Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda, maka Peringatan Hari Nusantara sangat penting bagi generasi sekarang untuk merajut kesatuan perasaan sebagai warga Indonesia mengingat ancaman disintegrasi bangsa dan separatisme masih menjadi ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, perayaan Hari Nusantara  sangat penting untuk mengingatkan seluruh komponen bangsa Indonesia bahwa  kekuatanmaritim adalah sumber kekuatan bangsa Indonesia. Laut Indonesia bukan hanya mempersatukan, menghubungkan pulau dengan pulau, tapi mempunyai sumber kekayaan yang besar. Indonesia masih harus bekerja keras untuk meningkatkan potensi ekonomi dari sektor kelautan tersebut agar dapat menjadi sumber kesejahteraan rakyat.

Read 805 times