Sunday, 13 January 2019 06:54

Indonesia Kirim Mayoritas Atlet Junior ke SEA Games 2019

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menegaskan komposisi kontingen Indonesia ke SEA Games 2019 Filipina. Sebanyak 60 persen skuat Merah Putih bakal diisi atlet junior. 

Komposisi antara atlet senior dan junior ke SEA Games 2019 Filipina itu sempat dilontarkan pada 2018. Rencana melibatkan banyak atlet junior ini sempat menuai pro dan kontra. Namun menurut menteri Imam Nahrawai, tujuan dari rencana ini adalah memberikan suasana keunggulan dan kompetisi yang lebih baik lagi bagi para atlet junior.

Usai menggelar rapat persiapan Pelatnas dan Percepatan Prestasi Olahraga Nasional, awal minggu lalu di Jakarta, Menteri Imam Nahrawi menjelaskan SEA Games tidak lagi menjadi patokan bagi Indonesia untuk juara atau menempati peringkat. Namun SEA Games adalah batu loncatan bagi atlet menuju Asian Games dan Olimpiade.
Menteri Pemuda dan Olahraga juga memiliki pertimbangan agar para atlet dan cabang olahraga bisa berfokus mencari poin ke Olimpiade 2020 Tokyo. Sebab, pengumpulan poin ke Tokyo sudah dimulai tahun ini.  Selain itu, anggaran pelatnas tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu Anggaran Pendapatan Belanja Negara menyiapkan dana 735 miliar rupiah kini menjadi 500 miliar rupiah. DIharapkan anggaran tersebut bisa lebih difokuskan untuk membiayai nomor-nomor pertandingan potensial medali pada Olimpiade 2020. 
Saat ini, baru 30 persen cabang olahraga yang mengajukan proposal untuk tahun 2019. Untuk itu, Kementrian Pemuda Olahraga meminta agar federasi setiap cabang olahraga menyusun dan menyerahkan segera proposal kegiatan dan latihannya . 

Read 789 times