Monday, 21 January 2019 00:00

Pulau Durai, Kepulauan Riau

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Pulau Durai adalah salah satu pulau yang terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini merupakan habitat penyu sisik (Eretmochelys imbricata ) dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea), dan merupakan kawasan konservasi penyu. Oleh karena itu, masyarakat sekitar juga menyebut pulau ini sebagai “Pulau Penyu.”

Akses untuk menuju pulau ini dari Batam dapat menggunakan pesawat perintis menuju Bandara Matak di Pulau Palmatak dengan waktu tempuh 2 jam. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju pelabuhan yang berjarak sekitar 2 Km.

Dari pelabuhan, perjalanan dilanjutkan menggunakan speed boat menuju pelabuhan Tarempa dengan waktu tempuh 1,5 jam. Dari pelabuhan ini, pengunjung dapat menyewa perahu kayu atau speed boat untuk mencapai Pulau Durai.

Karena jernihnya air laut yang berada di sekitar kepulauan ini, pengunjung sudah dapat menikmati indahnya biota laut yang ada di sekitar pulau ini tanpa harus menyelam. Bila anda menunggu hingga sore hari tiba, maka anda akan melihat kumpulan penyu yang menepi dan membuat sarang di bibir pantai pulau ini.

Selain tempat konservasi penyu, Pulau Durai belum memiliki fasilitas yang memadai seperti rumah makan untuk wisatawan. Sehingga bila anda ingin mengunjungi pulau ini pastikan anda membawa bekal seperti makanan dan air minum yang cukup.

Read 2646 times Last modified on Monday, 21 January 2019 17:34