Monday, 18 February 2019 07:40

Debat Ke 2 Calon Presiden

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Selesai sudah debat ke 2 Calon Presiden yang akan bertarung di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 17 April 2019 mendatang. Tidak seperti debat pertama tanggal 17 Januari yang lalu, debat ke 2 yang berlangsung Minggu 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, hanya menghadirkan calon presiden saja, yaitu calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo atau Jokowi, dan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu dan debat calon presiden tidak memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada kedua calon presiden.

Debat ke 2 di Minggu malam diawali dengan penyampaian visi dan misi dari kedua calon presiden. Kemudian kedua calon diminta untuk mengambil undian pertanyaan tentang berbagai tema yaitu energi, pangan, infrastruktur, lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Dalam pertanyaan tentang pangan, Prabowo berjanji akan menjamin ketersediaan pangan dengan harga terjangkau. Selain itu, Prabowo juga berjanji untuk menurunkan harga listrik dan harga makanan pokok serta berjanji akan menyiapkan pupuk berapa pun yang dibutuhkan para petani.

Sedangkan calon presiden (capres) Joko Widodo menekankan pentingnya infrastruktur untuk masa depan Indonesia sehingga dia akan konsisten untuk terus membangun infrastruktur jika kembali terpilih sebagai presiden periode 2019-2024.

Selain menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan oleh 8 panelis yang terdiri dari akademisi, calon presiden juga saling memberikan pertanyaan yang dijawab dengan argumen dari masing-masing calon presiden.

Suasana debat calon presiden (capres) Minggu malam terkesan berbeda daripada debat pertama. Kedua calon presiden lebih bisa menahan diri untuk tidak menyerang satu sama lain, sehingga tidak menimbulkan ketegangan baik di antara calon presiden maupun di pendukung kedua calon presiden.

Masih ada tiga kali debat lagi, yaitu tanggal 17 Maret antara 2 calon wakil presiden yaitu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, tanggal 30 Maret 2019 antara calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dan debat terakhir yang belum ditentukan jadwalnya antara calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah menetapkan tema debat ketiga yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan. Debat ke empat akan bertema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan serta Hubungan Internasional, dan tema debat terakhir Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri.

Semoga debat selanjutnya juga akan berjalan dengan lancar, aman dan kondusif hingga pelaksanaan Pemilihan Umum tanggal 17 April 2019.

Read 805 times Last modified on Tuesday, 19 February 2019 08:12