Monday, 25 February 2019 00:00

Camping di Dekat Candi Borobudur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

ada berbagai cara untuk menikmati keindahan candi Borobudur. Anda bisa menyaksikan keindahan candi Buddha terbesar di dunia berlatarkan  matahari terbit dari bukit Punthuk Setumbu atau berfoto dengan relief batu dan patung buddha. Ada lagi satu pilihan berwisata di Candi Borobudur.  Perum Perhutani bekerja sama dengan Badan Otoritas Borobudur -BOB membuka obyek wisata baru “De Loano” yang berlokasi di Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo.  Kerjasama pengembangan De Loano ini adalah salah satu upaya dalam rangka pengembangan ekoturisme di Perhutani.Obyek wisata dengan nama De Loano ini menghadirkan glamorous camping- glamping atau kemah dengan fasilitas lengkap yang berada di kasawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Loano, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan atau secara administrasi di Desa Sedayu.  

Terdapat 11 tenda ekslusif di hutan pinus dengan lahan 309 hektar. Sepuluh tenda khusus untuk tamu menginap dan satu tenda difungsikan sebagai mushola.  Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam siaran pers menjelaskan, De Loano merupakan hasil sinergi dalam bentuk kerjasama usaha antara Badan Otoritas Borobudur dan Perhutani. Ke depan harapannya lokasi ini dapat menjadi contoh lokasi wisata dengan konsep Glamping di Indonesia. Saat ini Perhutani tengah mengembangkan bidang ekowisata di antaranya membuka kurang lebih 641 objek wisata hutan. Di kawasan seluas 1,3 hektar yang disebut Borobudur Highland ini juga didirikan restoran dan bioskop luar ruang, spot foto, dan lokasi-lokasi yang nyaman untuk melepas penat. Menteri Pariwisata meresmikan tujuan wisata baru ini pada Kamis, 14 Februari.

De Loano berjarak 13 kilometer dari Candi Borobudur, Magelang. Dapat ditempuh sekitar setengah jam berkendara.  Walaupun terletak di kawasan hutan, makanan khas Indonesia seperti lodeh, sayur asem, dan makanan rebusan yang sehat siap untuk disajikan pada pengunjung. Jarak terdekat De Loano dengan Candi Borobudur 18 kilometer. Untuk mendukung De Loano, juga digelar pasar produk lokal di Desa Sedayu, 15 menit dari lokasi glamping.

Read 2324 times Last modified on Monday, 25 February 2019 18:59