Tuesday, 05 March 2019 00:00

Aplikasi “Si Calakan”

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Beberapa waktu yang lalu, pemerintah kota Bandung, Jawa Barat mensosialisasikan aplikasi baru bernama “Si Calakan”. Si Calakan' merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Kecelakaan Lalu Lintas. Nama 'Si Calakan' sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti Si Cerdas. Aplikasi 'Si Calakan' berfungsi untuk menghimpun data kecelakaan lalu lintas melalui rumah sakit di Kota Bandung sejak 14 Februari 2019. Saat ini, total sudah ada 21 rumah sakit yang terhubung dengan sistem aplikasi itu.

Cara kerja aplikasi ini dimulai dengan pihak rumah sakit yang melaporkan kejadian kecelakaan yang korbannya masuk ke rumah sakit melalui aplikasi 'Si Calakan'. Dengan itu akan bisa diketahui penyebab kecelakaan hingga tingkat luka pasien. Dengan cara itu, kejadian kecelakaan diharapkan bisa diketahui lebih detail, sehingga, dinas atau instansi terkait nantinya bisa merumuskan dan menjalankan program untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa. Misalnya, jika kecelakaan terjadi karena jalan yang rusak, laporan nantinya akan diteruskan ke Dinas Pekerjaan Umum agar dilakukan perbaikan di lokasi kecelakaan.

 

Si Calakan merupakan aplikasi berbasis data kecelakaan yang pertama di Indonesia. Aplikasi 'Si Calakan' sendiri melibatkan berbagai pihak di dalamnya, seperti dari Dinas Komunikasi dan Informasi, Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Dinas Kesehatan. Dinas Komunikasi dan Informasi dan Dinas Kesehatan bersama 21 rumah sakit yang sudah menjalin komitmen adalah pihak-pihak yang bisa mengakses aplikasi ini. Ke depan, aplikasi ini akan diintegrasikan dengan berbagai pihak terkait, di antaranya kepolisian dan Jasa Raharja, sehingga, harapannya tidak ada lagi perbedaan data satu sama lain terkait kecelakaan lalu lintas. Dari sisi penanganan dan pencegahan, langkah yang diambil nantinya juga diharapkan lebih efektif.

 

Read 933 times Last modified on Tuesday, 05 March 2019 13:06