Sunday, 10 March 2019 00:00

Ratusan Atlet Ikuti Kejuaraan Karate International di Solo

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Antara Foto Antara Foto

Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah Pelaksanaan Sebelas Maret Cup (SMC) 2019 – XI, yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Sritex Arena Solo, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 8 – 10 Maret 2019 dan diikuti 55 kontingen dengan jumlah peserta lebih dari 320 atlet karate. Kejuaraan karate ini merupakan event ke-11 yang merupakan lanjutan dari Sebelas Maret Cup X. SMC telah diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Kontingen yang berlaga memperebutkan Piala Bergilir Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

Piala tersebut terakhir kali dipegang oleh juara umum SMC X yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Para peserta terdiri dari mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Indonesia. Ketua panitia penyelenggara Sebelas Maret Cup XI, Rizki Mica Saputra, mengatakan ratusan atlet dari 5 negara sahabat turut ambil bagian dalam SMC XI, yaitu Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Timor Leste. Jumlah kontingen dan peserta SMC XI memang lebih sedikit dibanding SMC sebelumnya. Pada Sebelas Maret Cup 2017 atau perhelatan ke-10, terdapat 58 kontingen dari berbagai universitas di Indonesia dan mancanegara yang berpartisipasi. Jumlah peserta saat itu adalah 380 karateka. Namun, panitia menyatakan terdapat peningkatan kualitas kejuaaraan pada tahun ini.

Menurut Rizki, kejuaraan tersebut merupakan sarana pengembangan prestasi dan sebagai tolak ukur untuk menilai perkembangan teknik karate di kancah internasional, khususnya di kalangan mahasiswa. Dia mengatakan sebanyak 17 kelas yang dipertandingkan, dan terdapat tambahan nomor yakni 12 kelas Best of the Best. Kelas itu terbagi menjadi dua kategori yaitu kelas seni (kata) dan kelas tanding (komite) dengan total hadiah hingga jutaan rupiah. Kejuaraan Sebelas Maret Cup XI mengangkat tema "Brave to Break the Limit", yang artinya mampu melampaui batas-batas yang dimiliki sehingga mampu menjadi lebih baik lagi.

Rizki menjelaskan, untuk meningkatkan mutu dari pertandingan karate yang diselenggarakan, Sebelas Maret Cup XI mengundang wasit dari luar negeri. Dengan adanya wasit dari luar negeri diharapkan pertandingan akan lebih baik lagi. Selain itu, adanya wasit dari luar negeri juga menjadi salah satu daya tarik untuk para atlet baik dalam maupun luar negeri supaya berminat bergabung dan mengikuti kejuaraan karate Sebelas Maret Cup XI. Acara pembukaan kejuaraan Sebelas Maret Cup XI dimeriahkan dengan penampilan hiburan antara lain Kemlaka, Rowdra, Voca Erudita, All Star, Nuansa, dan Tim Performer dari Dinas Kebudayaan Surakarta.

Read 911 times Last modified on Monday, 11 March 2019 09:13