Monday, 11 March 2019 00:00

Siswa SMP Ciptakan lengan buatan untuk kaum difabel

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Alwan Hanif Ramadhan melakukan demo penggunaan perangkat lengan buatan "Affordable Smart Prosthetic Arm" yang memegang botol air kemasan dalam diskusi Millenial Talks: Inspiring Science Generation di Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) LIPI, Jakarta, Senin (04/03/2019). (ANTARA News/Martha Herlinawati Simanjuntak) Alwan Hanif Ramadhan melakukan demo penggunaan perangkat lengan buatan "Affordable Smart Prosthetic Arm" yang memegang botol air kemasan dalam diskusi Millenial Talks: Inspiring Science Generation di Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah (PDDI) LIPI, Jakarta, Senin (04/03/2019). (ANTARA News/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Generasi muda erat dengan inovasi dan teknologi. Siswa SMP Negeri 1 Tasikmalaya, Jawa Barat, Alwan Hanif Ramadhan berhasil mengembangkan perangkat lengan buatan yang diberi nama Affordable Smart Prosthetic Arm untuk kebutuhan kaum difabel untuk mempermudah mereka melakukan kegiatan sehari-hari. Alwan dalam diskusi Millenial Talks: Inspiring Science Generation di Pusat Data dan Dokumentasi IlmiahLIPI, Jakarta,menjelaskan, ia membuat tangan ini karena sebagian besar orang yang membutuhkan alat ini berada di kelompok ekonomi rendah. Padahal, tangan buatan memiliki harga yang fantastis hingga ribuan dolar Amerika.

dengan harga sekitar Rp300.000, Alwan berhasil membuat perangkat lengan buatan yang terjangkau oleh penyandang disabilitas. Alwan memiliki harapan, semua anak Indonesia yang punya kebutuhan khusus bisa menggunakan tangan ini dengan harga yang lebih murah, yakni Rp300 ribu. Dengan demikian, anak berkebutuhan khusus bias mandiri atau tidak tergantung dengan orang lain.

lengan buatan Alwan terbuat dari karet dan aluminium foil serta dilengkapi sensor untuk mendeteksi tekanan. Alat itu juga dilengkapi dengan sensor suhu sehingga mengetahui temperatur. Alat tersebut menggunakan daya melalui power bank dan bisa bertahan selama 12 jam.Lengan buatan Alwan ini tahan terhadap panas hingga 190 derajat Celcius dan bisa bergerak sampai 150 derajat

Read 913 times Last modified on Monday, 11 March 2019 12:22