Saturday, 16 March 2019 07:13

Indonesia Kini Miliki Pasar Ikan Modern dan Higienis

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Presiden Joko Widodo di Jakarta, Rabu lalu meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru yang merupakan pasar ikan modern pertama di Indonesia. Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menghimbau agar pasar tersebut digunakan dengan disertai pola kerja baru dan orientasi yang baik untuk menjaga kenyamanan, kebersihan dan keamanan. Menurut Presiden semua fasilitas di Pasar Ikan Modern Muara baru berstandar internasional. Oleh sebab itu Presiden ingin menjadikan Pasar Ikan Modern Muara Baru sebagai pasar ikan percontohan di seluruh provinsi di Indonesia.

Pasar Ikan Modern tersebut merupakan proyek Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikelola oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan dibangun dengan dana APBN 2018 sebesar 150 miliar rupiah.

Pasar Ikan Modern Muara Baru memiliki 894 unit kios ikan segar dan 155 unit kios ikan kering. Fasilitas lain yang dimiliki gedung berlantai tiga itu adalah cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.  

Konsumen dapat membeli berbagai jenis produk laut seperti udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai tiga.

PIM Muara Baru mengusung konsep berbeda dengan pasar ikan pada umumnya. Pasar ini dibangun dengan konsep tempat belanja yang higienis, bersih, serta tak becek dan bau. Dengan terobosan ini, PIM diharapkan menarik wisatawan untuk berkunjung.

Seluruh pedagang Pasar Ikan Modern adalah Usaha Kecil Menengah perikanan kelautan. Pasar Ikan Modern menjadi sarana bagi pedagang kecil dan menengah untuk mengenalkan berbagai produk ikan. Sebab, pasar ini juga bakal memperkuat pelabuhan perikanan Nizam Zachman Muara Baru sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan kuliner di Indonesia, khususnya di utara Jakarta.

Pemerintah berencana mengeluarkan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan yang disebut - KUSUKA kepada seluruh pedagang di pasar ikan modern Muara Baru. Kartu ini merupakan bentuk perlindungan dan pemberdayaan terhadap pelaku usaha. Laman resmi Sekretariat Kabinet RI mengatakan, KUSUKA berfungsi untuk mendorong percepatan pelayanan, meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan efektivitas serta efisiensi program pemerintah yang tepat sasaran kepada pedagang. Hingga kini, pemerintah telah menyerahkan kartu itu kepada 231 dari 397 pedagang ikan.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan pejabat lainnya.

Read 780 times