Tuesday, 19 March 2019 07:42

Dewan Keamanan PBB Sahkan Resolusi Dukung Afghanistan, Atas Prakarsa Indonesia dan Jerman

Written by 
Rate this item
(0 votes)


VOICE OF INDONESIA dari Indonesia untuk Dunia. Topik program Indonesiaku hari ini yaitu Dewan Keamanan PBB sahkan Resolusi Dukung Afghanistan, Atas Prakarsa Indonesia dan Jerman.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa – DK PBB (15/3), secara konsensus sahkan Resolusi mengenai dukungan kepada Afghanistan, yang disusun bersama Indonesia dan Jerman. Resolusi tersebut perpanjang mandat United Nations Assistance Mission in Afghanistan (UNAMA).

Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB di New York, Duta Besar  Dian Triansyah Djani seperti dikutip laman kemlu.go.id mengatakan ini adalah Resolusi pertama dari Indonesia yang berhasil disahkan oleh Dewan Keamanan PBB sejak keanggotaan Indonesia pada DK PBB sejak Januari 2019.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan arti penting dari resolusi yang memberikan mandat kepada badan PBB,  yaitu untuk melanjutkan berbagai kegiatan yang mendukung Afghanistan dan untuk   mencapai kemajuan dalam proses perdamaian yang sedang berlangsung, termasuk pembangunan yang menjadi prioritas Pemerintah Afghanistan.

Resolusi antara lain berisikan peran PBB dalam mendukung perdamaian dan stabilitas di Afghanistan, serta komitmen DK PBB akan kedaulatan, kemerdekaan, integritas wilayah dan kesatuan dari Afghanistan. Resolusi tersebut  juga memberikan dukungan kepada Pemerintah Afghanistan untuk membangun negaranya dan memperkuat demokrasi.

Resolusi itu juga menggarisbawahi tentang sentralitas dan proses politik yang komprehensif, inklusif bersifat Afghan-leddan Afghan-owned dan menjadikan Afghanistan sebagai platform untuk kerjasama internasional. Perpanjangan mandat UNAMA ini penting untuk koordinasi berbagai bantuan internasional termasuk memberikan dukungan yang diperlukan dalam persiapan Pemilu Presiden tahun 2019 di Afghanistan. 

Resolusi tersebut diapresiasi oleh negara Anggota DK PBB lainnya dan Afghanistan yang menyampaikan keberhasilan Indonesia dan Jerman dalam menyusun resolusi yang dapat didukung secara konsensus oleh seluruh Anggota DK PBB. 

Selain itu, Dubes Dian Triansyah Djani juga mengatakan  kesatuan dari DK PBB penting untuk memberikan sinyal kepada Afghanistan bahwa komunitas internasional mendukung Afghanistan secara penuh. Resolusi disahkan DK PBB pada pertemuan yang dipimpin oleh Perancis sebagai Presiden DK PBB bulan Maret 2019.

Read 861 times