Tuesday, 19 March 2019 00:00

Aplikasi Jakarta Aman

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Aplikasi Jakarta Aman Diperlihatkan Anies Baswedan  Aplikasi Jakarta Aman Diperlihatkan Anies Baswedan tribunnews.com

menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, rasa aman warga merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh pemerintahan suatu daerah, sehingga  sistemnya pun membutuhkan pembaruan yang mutakhir sesuai dengan perkembangan zaman. Untuk itu, pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan “PT Indonesia Lebih Aman”  meluncurkan sistem keamanan dalam sebuah aplikasi ponsel pintar bernama Jakarta Aman di Balai Kota DKI Jakarta, pada 12 Maret kemarin. Melalui aplikasi ini, warga bisa melapor berbagi hal, mulai dari tindak kejahatan hingga bencana.

 

Aplikasi Jakarta Aman memiliki empat fitur yang bisa digunakan dalam situasi darurat. Empat fitur itu yakni tombol darurat, komunitas aman, lapor, dan nomor penting.Tombol darurat, adalah fitur yang paling berguna saat situasi darurat. Pengguna cukup menekan tombol ini selama tiga detik.Setelah itu, agen call center Jakarta siaga 112 dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan meneruskan pada seluruh instansi kedaruratan seperti ambulans, kepolisian, dan pemadam kebakaran.

Fitur kedua adalah lapor, di mana pengguna bisa melaporkan insiden dan keperluan layanan publik di sekitarnya. Pengguna akan diminta menulis alamat lengkap, waktu kejadian, serta keterangan laporan. Laporan juga bisa dilakukan dengan cara memotret kejadian.

 

selanjutnya, ada fitur nomor penting. Fitur ini sangat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan nomor telepon darurat seperti kepolisian, pemadam kebakaran, atau ambulans dengan cepat. Fitur keempat adalah komunitas aman. Fitur ini adalah sistem keamanan lingkungan (siskamling) digital untuk keamanan lingkungan sekitar. Fitur ini layaknya group chat, yang menggabungkan Ketua RT, hansip, dan lain-lain, untuk masuk dalam satu grup keamanan dan menjalin komunikasi untuk menjaga keamanan bersama. Nantinya, aplikasi Jakarta Aman akan dilengkapi fitur untuk penyandang disabilitas. Akan ada pula fitur keluarga aman untuk mengetahui posisi anggota keluarga saat berpergian. Aplikasi Jakarta Aman bisa diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone secara gratis. 

 

Read 849 times Last modified on Tuesday, 19 March 2019 14:06