Friday, 22 March 2019 08:29

Indonesia Tawarkan Investasi Kepada Pengusaha India

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengajak pengusaha India meningkatkan investasi di berbagai sektor dan daerah di Indonesia. Luhut Pandjaitan saat memberikan sambutan dalam Forum Infrastruktur Indonesia-India di Jakarta, Selasa lalu mengatakan, pihaknya mendorong perusahan untuk menelusuri kesempatan yang lebih baik untuk mengembangkan bisnis mereka di Indonesia. Menurut Luhut Pandjaitan,  terdapat banyak kesempatan yang dapat diperoleh pengusaha India, khususnya di bidang infrastruktur, energi, dan teknologi informasi.

Forum Infrastruktur India Indonesia (IIIF) yang kedua ini digelar menggandeng Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Lebih dari 30 CEO sektor infrastruktur asal India berpartisipasi dalam forum tersebut. Sementara dari Indonesia sendiri 75 perusahaan antara lain Pertamina, Angkasa Pura, Garuda, Pelindo dan Jasa Marga turut hadir dalam forum. Hadir pula Gubernur Provinsi Aceh Nova Iriansyah, Wakil Menteri Luar Negeri, Pemerintah India A Gitesh Sarma dan Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep K Rawat. Hadirnya Gubernur Provinsi Aceh menjadi tanda bahwa dalam kerja sama dengan India kali ini pemerintah ingin menjadikan Aceh terutama Sabang menjadi salah satu prioritas.

Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Pemerintah Indonesia juga akan berupaya keras untuk memfasilitasi kebutuhan dari komunitas bisnis India untuk berinvestasi di Indonesia. Luhut Pandjaitan juga menyebutkan investor dari luar negeri juga harus mematuhi regulasi yang ada di Indonesia. Ia mengemukakan keinginannya agar investasi yang masuk ke dalam negeri juga harus merata atau dengan kata lain selaras dengan keinginan pembangunan yang Indonesia-sentris. Ia menjelaskan, pada saat ini Pemerintah Indonesia juga sedang memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Sementara itu Wakil Menteri Luar Negeri India Gitesh Sarma meyakini forum ini dapat membangun jembatan antara dunia usaha kedua negara dan meningkatkan partisipasi pembangunan infrastruktur. Ia mengatakan, kesenjangan infrastruktur dapat diatasi lebih cepat bila dunia usaha kedua negara bekerja sama dengan lebih erat.

Sementara itu Duta Besar India untuk RI, Pradeep K Rawat menyatakan bahwa India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, yaitu sama-sama negara dengan ekonomi besar serta memilki populasi muda yang besar. 

Read 772 times