Wednesday, 10 April 2019 10:25

Produksi Sepatu Indonesia Duduki Peringkat ke-4 Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Produksi sepatu Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia setelah Tiongkok, India, dan Vietnam. Dengan total produksi 1,4 miliar pasang sepatu pada 2018, Indonesia memberi kontribusi sebesar 4,6 persen dari total produksi sepatu di dunia. Indonesia juga menjadi negara konsumen sepatu terbesar ke-4 dengan konsumsi 886 juta pasang alas kaki. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (7/4). Ia memaparkan, saat ini jumlah industri alas kaki di Indonesia mencapai lebih dari 18 ribu unit usaha. Sebagian besarnya adalah unit usaha skala kecil, 441 unit usaha skala menengah, dan 155 unit usaha skala besar. Belasan ribu industri alas kaki tersebut telah menyerap tenaga kerja sebanyak 795.000 orang.

Gati Wibawaningsih mengatakan, dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan industri alas kaki nasional, khususnya pada Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk terlibat dalam kegiatan Indonesia Footwear Creative Competition 2019.

Ia menjelaskan, Indonesia Footwear Creative Competition merupakan kegiatan yang mengusung konsep 3 in 1 (three in one) Creative Footwear Competition, yaitu melalui desain, fotografi, dan videografi. Ajang tersebut diinisiasi oleh Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia, satuan kerja di bawah Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur. Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia memiliki tugas dalam pembinaan dan pengembangan industri alas kaki di Indonesia. Gati menyebutkan, fokus layanan Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia antara lain peningkatan Sumber Daya Manusia industri alas kaki, peningkatan pengetahuan dan teknologi produk alas kaki, serta standardisasi produk alas kaki.

Pada pelaksanaan Indonesia Footwear Creative Competition 2019, Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia menggandeng Universitas Kristen Petra Surabaya.

Ia melihat saat ini generasi muda selalu berpikir tentang disain, merek, visualisasi produk, maupun servis pada setiap aktivitas mereka, baik secara komersil maupun berbasis hobi atau komunitas. Oleh karena itu, melalui gelaran Indonesia Footwear Creative Competition, Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia ingin mengenalkan lebih dekat tentang alas kaki kepada generasi muda, memperkuat daya tarik mereka bahwa alas kaki itu adalah bagian dari mode, bagian dari perkembangan fesyen anak muda, dan yang terpenting lagi adalah bisa menjadi bagian rencana bisnis yang menjanjikan ke depan.

Gati Wibawaningsih menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang aktif memacu sektor industri kreatif melalui program Millennial Job Center.

Read 847 times