Wednesday, 15 May 2019 07:10

Dampak Kunjungan Mike Pompeo Ke Rusia Terhadap Hubungan Amerika Serikat – Iran.

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Seiring meningkatnya ketegangan hubungan Amerika Serikat dengan Iran, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo melakukan kunjungan ke Rusia. Selain bertemu Menlu Sergey Lavrov, Mike Pompeo juga dijadwalkan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam pertemuannya dengan Sergey Lavrov dan pemimpin Rusia lainnya, Selasa waktu Moskow, Mike Pompeo menyatakan bahwa Presiden Donald Trump berkeinginan kuat untuk meningkatkan hubungan baik antara kedua negara. Pernyataan itu disampaikan, sangat boleh jadi sehubungan meningkatnya ketegangan hubungan antara Washington dan Moskow, seiring meningkatnya tekanan Amerika Serikat kepada Iran. Tekanan Amerika Serikat terhadap Iran dalam bentuk diberlakukannya sanksi ekonomi baru, dan dikirimnya kapal Induk Amerika ke kawasan Teluk, telah menjadikan hubungan Washington dengan Moskow menegang. Ini terjadi sebab Rusia adalah salah satu negara yang mempunyai hubungan dan kerjasama dengan Iran.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, karenanya dalam pertemuan dengan Mike Pompeo berkeinginan mengetahui rencana rencana Amerika Serikat dalam menyelesaikan ketegangannya dengan Iran. Mengetahui arah kebijakan Washington terhadap Teheran, menjadi penting bagi Rusia, karena beberapa minggu lagi Presiden Vladimir Putin kemungkinan akan bertemu dengan Donald Trump di sela sela Pertemuan Puncak G 20 di Osaka Jepang. Komitmen-komitmen kedua negara adi daya dalam mencari jalan keluar bagi kemelut di berbagai kawasan, khususnya di Timur Tengah termasuk Iran akan berpengaruh terhadap kondisi geopolitik dunia.

Sebagaimana diketahui penerapan sanksi baru bagi Iran oleh Amerika Serikat juga memberikan dampak terhadap hubungan Amerika Serikat dengan negara-negara Eropa Barat yang mempunyai hubungan ekonomi dengan Iran.

Negara-negara Eropa Barat tidak sependapat dengan keputusan Amerika Serikat untuk mengundurkan diri dari kesepakatan Nuklir Iran. Satu tahun sejak keputusan mengundurkan diri dari kesepakatan nuklir Iran, Washington terus meningkatkan tekanannya terhadap Teheran termasuk memberlakukan sanksi terhadap sektor Logam Iran. Padahal Iran dan beberapa negara Eropa Barat mempunyai hubungan dagang pada sektor logam ini.

Apakah pembicaraan Mike Pompeo dengan pimpinan tinggi   Rusia akan mengubah kebijakan Amerika Serikat terhadap Iran, antara lain akan ditentukan oleh pembicaraan Mike Pompeo dengan Vladimir Putin di Moskow hari Rabu, 15 Mei, serta pembicaraan lebih lanjut antara kedua Presiden di Osaka beberapa minggu ke depan.

Read 909 times