Wednesday, 22 May 2019 11:19

Kemenangan Scott Morisson, Harapan Dan Tantangan Ke Depan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Scott Morisson dari Partai Liberal akan kembali memimpin pemerintahan Australia setelah menang dalam Pemilihan Umum Federal yang dilaksanakan Sabtu 18 Mei 2019 lalu. Kemenangan Scott Morisson cukup mengejutkan khususnya bagi lembaga survey yang melaksanakan jajak pendapat dan memprediksi kemenangan bagi partai Buruh.

Hasil pemilihan Umum Federal Australia itu menunjukkan kekalahan telak Partai Buruh yang berakibat pada pengunduran Bill Shorten sebagai pemimpin tertinggi.  Presiden Amerika Serikat menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada Scott Morisson atas kemenangannya itu. Sedangkan pemimpin China sementara menunjukkan sikap dingin. Media pemerintah China dalam pemberitaan dan editorialnya menunjukkan sikap antipati atas kemenangan Scott Morisson.

Tugas selanjutnya Scott Morisson adalah menyusun pemerintahan baru. Mengapa disebut baru, karena dalam kabinet yang dipimpin Morrison sebelumnya, beberapa tokoh dalam pemerintahan telah mengundurkan diri. Beberapa tokoh penting itu adalah Jullie Bishop  Christopher Pyne, Kelly O'Dywer, Michael Keenan dan mantan menteri Craig Laundy.  Dalam perspektif inilah barangkali, Scott Morisson menyatakan bahwa banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Dalam pidato kemenangannya seraya meyakinkan rakyat Australia agar bersatu setelah Pemilu, Scott Morisson menegaskan komitmennya untuk segera kembali bekerja. Penegasan untuk menyatukan kembali rakyat Australia itu mendapat penguatan dari lawannya dalam Pemilu yaitu Bill Shorten Pemimpin Partai Buruh itu segera mengucapkan selamat kepada Scot Morisson  dan berharap terwujudnya Australia yang lebih baik.

Menjadi pertanyaan akankah Scott Morisson akan dapat melakukan misi dan mewujudkan harapan rakyat Australia dalam menjadikan Australia yang lebih baik. Ini tentu akan ditentukan oleh kekompakan pemerintahannya. Scott Morisson harus sangat cermat dalam memilih para pendukung pemerintahannya, apalagi mengingat Partai Liberal berkoalisi dengan partai lain.

Fakta sebelumnya menunjukkan beberapa kali terjadinya keretakan dalam pemerintahan yang berujung pada mundurnya tokoh tokoh penting dalam pemerintahan. Bagi Australia hubungan-hubungan baik dengan Indonesia sebagai tetangga dekat  juga akan dapat diwujudkan melalui kebijakan luar negeri Scott Morisson. Indonesia tentu berharap hubungan baik dapat terus dipelihara bahkan semakin ditingkatkan. Sebagaimana tercatat dalam perjalanan waktu, hubungan Australia dan Indonesia pernah mengalami penurunan bahkan sempat memburuk.

Read 1090 times