Thursday, 23 May 2019 00:00

Bali Arts Festival 2019

Written by 
Rate this item
(0 votes)

15 Juni sampai 13 Juli 2019, Festival seni terlama di Indonesia, Bali Arts Festival akan dihelat. Festival Seni Bali akan menampilkan kekayaan seni dan budaya Bali. Puluhan ribu seniman Bali dijadwalkan ambil bagian dalam festival ke-41, yang akan merayakan angin sebagai sumber kehidupan melalui tema "Bayu Pramana: Memuliakan Sumber Daya Angin". Bali Arts Festival akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada malam 15 Juni setelah parade jalanan. Upacara pembukaan akan diadakan di Pusat Seni Werdhi Budaya, sebuah kompleks budaya yang luas di Denpasar Timur.

Bali Arts Festival dibuka pada tanggal 15 Juni dengan kegiatan Pawai jalanan. Pada kegiatan ini menampilkan lebih dari 1.500 pemain di Jalan Raya Puputan Renon Denpasar dengan mengelilingi monumen Bajrasandhi. Selain menampilkan pertunjukan seni dan budaya dari seluruh Bali, pawai ini akan melibatkan rombongan seni  dari daerah lainnya di Indonesia dan luar negeri, seperti Papua, Sumenep di Jawa Timur, India, dan Tiongkok. Selain pertunjukan seni,  ada pula pameran seni dan kerajinan, lokakarya, seminar, kompetisi, dan acara kuliner masakan Bali otentik.

Festival Seni Bali untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 1979 ketika gubernur saat itu Ida Bagus Mantra memutuskan bahwa pemerintah harus menyediakan ruang dan dana untuk mempromosikan budaya lokal dan memelihara komunitas estetika. Bali Arts Festival telah menjadi media untuk menemukan kembali dan melestarikan seni dan budaya Bali yang unik dan ternama, sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Melalui acara tahunan khusus ini, diharapkan kebijaksanaan dan filosofi otentik masyarakat Bali tidak hanya dipertahankan namun juga akan tumbuh dan menyebar ke belahan dunia lain.

 

Read 1153 times Last modified on Thursday, 23 May 2019 10:44