Thursday, 18 July 2019 00:00

Festival Banjar 2019

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, A.M. Fachir Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, A.M. Fachir Foto : detik.com

15 hingga 21 Juli mendatang, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) dan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kembali mengadakan Festival banjar 2019 di Museum Nasional Indonesia dan Kawasan Car Free Day (CFD) Bundaran HoteI Indonesia, Jakarta Pusat.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir mengatakan Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) senantiasa mendukung, karena Festival Banjar merupakan langkah strategis dalam menampilkan citra dan potensi Kalimantan Selatan kepada masyarakat luas. Termasuk, para duta besar negara-negara sahabat dan turis asing. Selain mengenalkan kekayaan budaya Indonesia, pemerintah berharap upaya ini memiliki dampak ekonomi, khususnya terkait sektor pariwisata.

Festival Banjar kembali melibatkan 13 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan dan  mengangkat semua potensi khasanah seperti kuliner, kerajinan, kesenian, sumber daya alam, dan produk kerajinan. Selain menghadirkan kegiatan expo, Festival Banjar juga dirangkai dengan kegiatan silaturrahmi warga banjar yang bermukim Jakarta dan sekitarnya yang rutin diselenggarakan oleh Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jakarta Bogor Depok Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Digelar pula Bazar dalam kegiatan festival Banjar 2019. Untuk kegiatan bazar, pihak pelaksana menghadirkan replika pasar terapung, yang merupakan karya seni rupa instalasi interaktif. Replika pasar terapung yang digelar di Museum Nasional, akan meluncurkan 41 buah jukung tambang sebagai ciri khas Banjar. Semua kabupaten akan memakai jukung seni rupa sebagai stan yang diisi kuliner khas, suvenir dan produk unggulan UMKM dari masing-masing daerah. 

Puncak festival ini akan dilakukan di Car Free Day (CFD) dengan mengusung tema pasar terapung. Dalam festival ini, Fachir mengatakan, akan menampilkan perahu khas Banjarmasin bernama Jukung yang biasa dipakai di pasar terapung. Atmosfer saling bertukar barang (barter) di pasar terapung akan dapat dirasakan oleh masyarakat Jakarta nantinya. Perwakilan asing yang ada di Jakarta akan diundang ke Festival Banjar. Mereka akan mengayuh jukung di parade. Parade Festival Banjar 2019 ini akan diadakan pada 21 Juli 2019 dengan rute mulai dari Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat menuju Bundaran HI, Jl. MH Thamrin.

Detik.com

 

Read 947 times Last modified on Thursday, 18 July 2019 10:55