Thiodor

Thiodor

24
March

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung upaya pembentukan ekosistem perusahaan rintisan (startup) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

 

Dalam talkshow "Membangun Ekosistem Startup di Ibu kota Nusantara" di Jakarta, Jumat (22/3/2024), Menparekraf Sandiaga mengatakan, perkembangan ekosistem startup memiliki kaitan yang sangat erat dengan ekraf dan digitalisasi. Terlebih, sektor ekraf di Indonesia berhasil mencapai nilai tambah sebesar Rp1.414 triliun.

 

"Sebanyak 78 persen ekonomi digital ini membantu UMKM melalui penjualan produk-produknya dan meningkatkan pendapatannya hingga 76 persen," kata Sandiaga.

 

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, untuk memperkuat digitalisasi yang menjadi bagian penting dari ekosistem startup, Kemenparekraf telah mempersiapkan berbagai program yang diharapkan mampu mengembangkan potensi startup di Indonesia, khususnya di kawasan IKN. Di antaranya Bekup (Baparekraf for Startup), Baparekraf Digital Entrepreneurship (BDE), Baparekraf Digital Innovation Lab (Bedil), dan Baparekraf Developer Day (BDD).

 

"Ada tiga skill improvement yang kita lakukan yaitu upskilling, reskilling, dan newskilling dengan pendekatan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," katanya.

 

Senada dengan Menparekraf Sandiaga, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengungkapkan, pihaknya juga mendukung pembentukan ekosistem startup di kawasan IKN melalui program Hub.id. "Program ini memfasilitasi pertemuan antara pelaku usaha dengan mitra strategis untuk meningkatkan skala usaha mereka yang membuat mereka bisa berkembang," ujar Budi.

 

24
March

 

 

 

VOInews, Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengapresiasi TransNusa yang telah membuka rute penerbangan baru ke wilayah Indonesia Timur, yakni Manado, Ambon, Sorong, dan Timika.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya, Kamis (21/3/2024), menyampaikan rute-rute baru ini dirancang tidak hanya untuk memperluas aksesibilitas bagi wisatawan, tetapi juga untuk memperkuat konektivitas antar wilayah di Indonesia Timur.

“Kami menyambut baik TransNusa atas komitmennya untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan terjangkau dengan meluncurkan rute-rute baru ke bagian timur Indonesia. Langkah ini bukan hanya menandai perluasan jaringan penerbangan domestik dan internasional TransNusa, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai Premium Service Carrier yang terpercaya,” kata Menparekraf Sandiaga.

Indonesia Timur, dengan destinasi seperti Manado, Ambon, Sorong, dan Timika, menawarkan kekayaan alam yang luar biasa dan pengalaman budaya yang memikat bagi wisatawan.

Kota Manado di Sulawesi Utara dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang spektakuler di Taman Nasional Bunaken, sementara Ambon, ibu kota Maluku, menawarkan keindahan pantai yang tak tertandingi dan budaya yang beragam.

Sorong, gerbang menuju Raja Ampat di Papua Barat, menjadi surga bagi penyelam dengan terumbu karang yang menakjubkan dan kehidupan laut yang kaya.

Timika, di Provinsi Papua, menawarkan petualangan yang mendebarkan dengan akses ke Gunung Carstensz, salah satu tujuan pendakian tertinggi di dunia. Dari kekayaan bawah laut hingga pegunungan yang megah.

Group Chief Executive Officer TransNusa, Datuk Bernard Francis, menjelaskan bahwa penambahan rute-rute baru ini bertujuan untuk membawa pengalaman perjalanan yang lebih baik dan terjangkau kepada para penumpang di seluruh Indonesia.

“Semua rute baru ke timur Indonesia akan tersedia dengan harga mulai dari Rp999.000 saja untuk sekali jalan, memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk mengeksplorasi keindahan alam dan budaya yang ditawarkan oleh Indonesia Timur,” kata Datuk.

Dengan penambahan rute-rute baru ini, TransNusa hadir untuk memperkuat konektivitas dan memfasilitasi pertumbuhan pariwisata serta perekonomian di wilayah Indonesia Timur.

22
March

 

 

 

VOInews, Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan KJRI Mumbai serta Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Chennai berpartisipasi sebagai Country Partner dalam India Gaming Show 2024 di Pune, Maharashtra India, yang digelar pada 14 hingga 16 Maret 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya di Jakarta, Rabu (20/3/2024), menyampaikan bahwa kehadiran Indonesia di ajang India Gaming Show 2024 merupakan salah satu tindak lanjut dari amanat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

“Pasar gim India sendiri diproyeksikan mencapai 5 miliar dolar AS pada tahun 2025 dan India Gaming Show 2024 memberikan kesempatan bagi pengembang gim Indonesia untuk memperluas jangkauan mereka khususnya dengan India,” kata Menparekraf Sandiaga.

Pada event ini, Paviliun Indonesia menghadirkan empat studio gim terkemuka tanah air yaitu Hexaplay, Anantarupa, Ginger Sun Studio, dan Marica serta Asosiasi Pengembang Gim Indonesia (AGI).

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, M Neil El Himam, mengatakan jenis gim yang diminati oleh pasar India adalah Platform Role Playing Game (RPG Game), Action Games, Massive Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG), Horor Survival Games, serta Sport Games.

“Kebijakan India dengan membatasi akses produk gim asal Tiongkok juga membuka peluang besar yang dapat dioptimalkan bagi perusahaan gim Indonesia baik secara B2B maupun B2C,” kata Neil.

Sementara itu Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa, mengatakan keterlibatan Indonesia tentu menjadi sebuah kebanggaan dan bukti bahwa para pengembang gim lokal Indonesia siap untuk terlibat dalam industri gim global.

“Kami harapkan partisipasi Indonesia sebagai negara tamu akan menghasilkan banyak kesempatan kolaborasi bisnis dan tentunya dapat berlanjut menghasilkan lebih banyak kolaborasi industri gim bagi Indonesia-India ke depannya,” kata Iman.

Advisor AGI, Ami Raditya, menjelaskan bahwa Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan, khususnya pada akar budaya, sehingga hal ini merupakan ceruk yang sangat baik bagi gim Indonesia untuk bisa diterima di India, dan demikian pula sebaliknya.

“Sehingga kami percaya sebagai dua negara yang memiliki demografi yang sangat besar, kolaborasi Indonesia dan India bisa menjadi poros kekuatan baru industri gim di dunia,” kata Ami.

Konsul Jenderal RI di Mumbai, Edi Wardoyo, menyampaikan India merupakan salah satu mitra dagang terbesar dan penting bagi Indonesia.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral dengan India, khususnya pada penguatan diplomasi ekonomi di sektor perdagangan, investasi, dan industri kreatif,” kata Edy.

Edi juga menyampaikan, partisipasi Indonesia sekaligus sebagai bagian dari peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan India.

Salah satu pencapaian penting dari pameran ini adalah pertukaran Perjanjian Non Disclosure Agreement (NDA) antara studio Anantarupa dan Jio Games untuk lisensi eksklusif dan penerbitan gim Lokapala di India melalui Ekosistem Jio Games. Sementara Ginger Sun Studio mendapatkan komitmen awal untuk kerja sama penerbitan dengan Soft Source Publisher untuk gim “Unrivaled Heroes" senilai 40.000 dolar AS dan studio Hexaplay sedang memfinalisasi NDA dengan Brinc Accelerator India untuk kerja sama penerbitan bersama gim Null Horizon.

Hexaplay juga menerima indikasi proyek IP untuk mengembangkan gim turunan dari serial film Karthikeyan yang diproduksi oleh anak perusahaan Brinc Accelerator.

“Pada Indian Gaming Show 2024 juga digelar grand slam Moba Counterstrike, yang diikuti oleh salah satu tim Indonesia yaitu Garuda Wisnu. Pertandingannya ditonton oleh audiens secara virtual di hari pertama (via kanal Skyesport) sebanyak sekitar 100.000 audiens,” kata Edi.

19
March

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, mudik Lebaran menjadi  momentum penting bagi pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air karenanya berbagai persiapan dan koordinasi  terus dilakukan. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (18/03/2024). Sandiaga Uno menyampaikan, salah satu yang harus dipersiapkan adalah mitigasi bencana mengingat adanya cuaca ekstream yang berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024.  Menurut Sandiaga Uno, perlu dipersiapkan langkah-langkah mitigasi bencana, terutama sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainabilty) yang harus terus diamplifikasi dan dikomunikasikan.

“Pastikan bahwa perubahan cuaca yang sangat cepat diantisipasi dan langkah-langkah untuk mitigasi terutama dari sertifikasi Cleanliness, Safety, Environmental dan Sustainability dipastikan,   dan ini terus kita komunikasi kita amplifikasi dan kita buat standarisasi daripada komunikasi mitigasi tanggap bencana.”

Sandiaga Uno lebih lanjut menyampaikan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan terus mengingatkan agar para wisatawan lebih berhati-hati saat berwisata, terutama di destinasi wisata alam.

Potensi pergerakan wisatawan nusantara saat mudik Lebaran berjumlah 193,6 juta orang atau 71,7 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Maka mempertimbangkan potensi tersebut, Menparekraf Sandiaga segera mengeluarkan surat edaran berisi imbauan persiapan destinasi wisata dalam menyambut wisatawan.

“Kemenparekraf akan mengeluarkan surat imbauan menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 kepada seluruh Pemerintah Daerah dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi Daya Tarik Wisata (DTW) agar dapat memberikan pelayanan yang prima,” kata Menparekraf Sandiaga.

Kemenparekraf pun mendukung dan mempersiapkan sejumlah event pariwisata saat Ramadan dan Idul Fitri tahun 2024, di antaranya update e-catalogue mudik/jelajah masjid; Ramadan Night Run pada 16 dan 23 Maret 2024 di Jakarta; Ramadan Jazz Festival pada 29-30 Maret 2024 di Jakarta; Indonesia Fashion Week pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta.

Ada juga Mudik Bareng Ms Glow pada 6 April 2024 di Jakarta; Bakdan Neng Solo pada 12-13 April 2024; Batam Wonderfoot dan Art Ramadan pada 9-30 Maret 2024 di Batam; dan Aceh Ramadan Festival pada 28-1 April 2024.