Wednesday, 05 February 2020 00:00

Birunya Laut Pulau Lihaga

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Sulawesi Utara tak hanya dikenal dengan wisata indah di Manado atau Bunaken saja. Tapi sekarang perhatian wisatawan juga akan melirik ke arah Destinasi Super Prioritas di Likupang. Destinasi ini berada di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Sekarang di Likupang juga tengah dibangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Banyak alasan untuk kita mengunjungi Likupang. Jelas destinasi wisata di sana tak kalah cantik dengan wisata populer lainnya di Sulawesi Utara. Salah satunya adalah Pulau Lihaga. Pulau Lihaga adalah pulau tak berpenghuni yang berada Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara. Pulau ini luasnya hanya 8ha, tidak terlalu besar namun punya potensi wisata yang luar biasa. Dari kejauhan saja, sudah tampak pulau ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih halus, yang kontras dengan birunya lautan.

Yang melihatnya pasti tak sabar untuk segara turun dan menyentuh pasir yang putih bersih ini. Lihaga juga punya alam bawah laut yang menarik. Tak perlu jauh-jauh, menyelam atau snorkeling di dekat pantai saja sudah tampak ribuan ekor ikan yang berenang hilir mudik. Untuk mencapai Pulau Lihaga, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 90 menit dari Kota Manado menuju Likupang (pelabuhan Serei). Setelah tiba di Likupang, Anda harus melanjutkan perjalanan lagi selama kurang lebih 40 menit dengan menggunakan perahu nelayan setempat. Harga sewa perahu sekitar Rp800.000 untuk 20 orang penumpang. Walaupun pulau ini tidak berpenduduk, namun Anda tidak perlu khawatir karena di pulau ini telah tersedia toilet dan ruang ganti. Anda juga bisa menginap di Pulau Lihaga tanpa khawatir dipungut bayaran lagi.Namun tentunya Anda harus menyediakan peralatan tenda sendiri karena di tempat ini tidak ada yang menyediakan tenda.

Selain itu jika Anda berencana berkunjung dan menginap di Pulau Lihaga, jangan lupa untuk membeli makanan dan minuman terlebih dahulu karena di Pulau Lihaga tidak tersedia warung yang menjual makanan. Sarana dan prasarana destinasi wisata di pulau ini memang tidak ada namun bagi Anda yang suka berpetualang, alam pulau lihaga sepertinya telah menyediakan segalanya.

Read 977 times Last modified on Wednesday, 05 February 2020 12:46