Sunday, 09 February 2020 00:00

Bukit Kapur Sekapuk, GResik, Jawa Timur

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

                

VOI NEWS Gresik adalah salah satu kota di Jawa Timur yang lebih terkenal dengan kawasan industrinya dan bukan karena kawasan pariwisatanya. Ternyata Gresik mempunyai tempat yang menarik perhatian wisatawan karena mempunyai spot yang instagramable , yaitu Bukit Kapur Sekapuk. Tempat ini terletak di desa Sekapuk, kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan penggali tambang gunung kapur.

mulanya Bukit Kapur Sekapuk ini hanya salah satu dari beberpa perbukitan kapur di Gresik. Kemudian pada tahun 1950-an bukit ini mulai digali, digergaji dan dipahat. Akibat penggalian dan pemahatan liar oleh para warga, terbentuklah sebuah arsitektur yang eksotis dan menawan .

Bukit Kapur Sekapuk ini baru direnovasi. Bangunannya yang disebut-sebut mirip dengan bangunan peradaban Yunani Kuno ini sudah bertambah fasilitasnya, seperti penambahan rumah-rumah kecil yang berbentuk bulat dengan dinding terbuat dari kayu serta dilengkapi dengan pintu yang cocok dijadikan spot untuk berswafoto . Selain itu ada juga patung-patung yang berukuran besar dan juga cerukan yang menyerupai danau kecil yang di dalamnya terdapat danau-danau berukuran lebih kecil dengan air berwarna hijau . Jika dilihat dari atas, akan sangat kontras warna bukit kapur dan warna air danau tersebut, sehingga karena keindahannya, danau ini cocok dijadikan latar belakang untuk berfoto . Selain untuk berfoto , biasanya pengunjung yang suka tantangan akan menceburkan diri ke air tersebut dari atas bukit untuk menambah foto perjalanan mereka.

Kawasan ini terbentang sepanjang 2-3 kilometer. Akses untuk menuju Bukit Kapur Sekapuk ini masih belum rata, tetapi walaupun demikian anda bisa menggunakan mobil , motor dan berjalan kaki untuk menjelajahinya. Tidak sulit menemukan lokasi Bukit Kapur Sekapuk ini, karena di sekitar lokasi akan banyak kendaraan pengangkut kapur yang lalu lalang.

bila anda sedang berlibur ke Jawa Timur, carilah waktu yang cukup untuk mengunjungi   dan menikmati keindahan Gunung Kapur Sekapuk di Gresik.

                      

Read 1401 times Last modified on Monday, 10 February 2020 13:27