Thursday, 20 August 2020 03:31

Memperingati 65 tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia dan Vietnam Perkuat Hubungan dengan Meluncurkan Logo Baru

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi menyerahkan hadiah kepaa pemenang logo di Hanoi, Rabu (19 Agustus 2020) Duta Besar RI untuk Vietnam Ibnu Hadi menyerahkan hadiah kepaa pemenang logo di Hanoi, Rabu (19 Agustus 2020) KBRI Hanoi

Jakarta (VOI News) - Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta dan Kedutaan Besar RI di Hanoi, Vietnam menyelenggarakan upacara penyerahan hadiah sayembara desain logo 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam secara virtual, Rabu (18/08). Sayembara tersebut dimenangkan oleh Tran Hoai Duc dari Vietnam. Logo Tran menampilkan burung nasional Indonesia, Garuda, dan burung nasional Vietnam, Chim Lac, yang membentuk angka 65 dengan bendera dua negara di sisi sebelah kanan. Logo baru itu dipilih dari hasil sayembara selama satu bulan yang melibatkan lebih dari 200 perserta dan total 772 karya dari para desainer asal Indonesia dan Vietnam.

Dalam sambutannya, Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Pham Vinh Quang di Jakarta mengatakan kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam telah berkembang hampir di semua bidang, antara lain di bidang politik, keamanan dan pertahanan, kerjasama ekonomi, pariwisata, pertukaran budaya, serta hubungan antara masyarakat (people-to people contact). Ia menambahkan sayembara logo 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Vietnam merupakan cara untuk memperkuat kerjasama antara masyarakat Vietnam dan Indonesia

"Itulah sebabnya acara hari ini bukanlah perayaan biasa. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mempromosikan dan memperkuat hubungan kita, untuk kepentingan dua bangsa, untuk memelihara stabilitas perdamaian, dan kemajuan di dunia," kata Dubes Pham Vinh Quang.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Vietnam, Ibnu Hadi, dalam sambutannya melalui tayangan video konferensi dari Hanoi mengatakan logo peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Vietnam tersebut telah digunakan saat perayaan hari ulang tahun kemerdekaan ke 75 RI di Vietnam pada Senin (17/8/2020) lalu.

“KBRI pertama kali telah menggunakan logo ini dalam peringatan HUT RI yang lalu pada tanggal 17 Agustus, yang kami laksanakan dengan hikmat, dan dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Nguyen Quoc Dung. Jadi logo itu terpampang selain juga logo-logo lain dari Republik Indonesia,” kata Ibnu Hadi.

Selain Tran yang menjuarai sayembara, Kedutaan Besar Vietnam Jakarta dan KBRI Hanoi juga memberikan empat hadiah hiburan kepada empat finalis, yang dua di antaranya merupakan warga Indonesia, yaitu Fajar Soekarno Aji dari Sidoarjo dan Wahyu Purnomo dari Banyumas. Ani Hasanah, Voice of Indonesia melaporkan. (VOI/AHM)

Read 821 times