Monday, 01 March 2021 00:00

Kartu Pra Kerja tahun 2021

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Pemerintah Indonesia  berkomitmen melanjutkan program Kartu Prakerja yang telah berjalan sebelas gelombang  di tahun 2020.  Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 pun mulai dibuka  Selasa (23/2/2021). Untuk pelaksanaannya tahun ini  telah  disiapkan anggaran sebesar Rp 20 triliun. Jumlah ini  naik dua kali lipat dibandingkan anggaran awal pada APBN 2021, yang sebesar Rp 10 triliun. Program Kartu Prakerja dibuka pertama kalinya pada 11 April 2020. Pemerintah menargetkan jumlah peserta yang mengikuti program tersebut 5,6 juta orang.

Pada awalnya pemerintah berencana memberikan pelatihan secara langsung (offline) untuk para peserta  program. Mereka akan mendapatkan fasilitas pelatihan gratis dan uang saku   selama pelatihan. Namun, pandemi corona mengubah segalanya. Pemerintah kemudian  memanfaatkan program ini menjadi salah satu bantuan sosial bagi masyarakat, khususnya korban PHK yang terdampak pandemi

Skema dan jumlah anggaran pun otomatis berubah. Sebagian anggaran biaya pelatihan dialihkan untuk insentif kepada peserta dengan jumlah lebih besar dari rencana semula.  Dengan demikian, anggaran program Kartu Prakerja meningkat tajam hingga dua kali lipat.

Setelah setahun berjalan,  tentu ada  hal yang menjadi perhatian dan perlu diperbaiki terkait program  Kartu Prakerja ini. Mulai soal penunjukan mitra pelatihan Prakerja yang dianggap kurang transparan, hingga materi pelatihannya yang dinilai terlalu sederhana.  Namun sebagai salah satu program pemulihan ekonomi dari pandemi Covid, program Kartu Prakerja tentunya juga memiliki manfaat tersendiri. Pemerintah mengatakan  mereka yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19 akan menjadi target program Kartu Prakerja. Namun sayangnya, seleksi peserta terbukti masih kurang cermat sehingg banyak yang  tidak tepat sasaran. Mereka yang masih memiliki pekerjaan ada yang berhasil mendapat bantuan. Sedangkan yang menganggur justru belum terjangkau program ini.   

Diharapkan,  program yang dilanjutkan pelaksanaannya tahun ini bisa berjalan dengan perbaikan-perbaikan sehingga lebih maksimal dan tepat sasaran.  Untuk itu, perlu adanya pantauan bersama dari masyarakat.

Read 611 times Last modified on Monday, 01 March 2021 11:06