Monday, 01 March 2021 00:00

hds

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Hari ini Dalam Sejarah. Kami awali dengan peristiwa  tanggal 1 Maret 1936- Bendungan Hoover selesai dibangun.

Bendungan Hoover adalah bendungan di Black Canyon sungai Colorado, di perbatasan antara negara bagian Arizona dan Nevada. Bendungan ini menjadi salah satu fasilitas produsen listrik terbesar di dunia dan struktur terbesar di dunia. Awalnya dikenal sebagai bendungan Boulder Dam dari tahun 1933, namun secara resmi dinamai Hoover, untuk menghormati Presiden Herbert Hoover, melalui resolusi bersama Kongres pada tahun 1947.

Beralih ke peristiwa tanggal  1 Maret 1947- Dana Moneter Internasional (IMF) mulai Beroperasi.

Dana Moneter Internasional adalah organisasi Internasional beranggotakan 189 negara yang bertujuan mempererat kerja sama moneter global, memperkuat kestabilan keuangan, mendorong perdagangan internasional, memperluas lapangan pekerjaan sekaligus pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan mengentaskan kemiskinan di seluruh dunia. Organisasi ini bermarkas di Washington, D.C. dan dibentuk pada tahun 1944 dalam Konferensi Bretton Woods, kemudian diresmikan tahun 1945 dengan 29 negara anggota. IMF sejak awal bertujuan menata ulang sistem pembayaran Internasional. Negara anggota menyumbangkan dana cadangan menggunakan sistem kuota. Dana cadangan tersebut dapat dipinjam oleh negara-negara yang mengalami kesulitan dalam neraca pembayarannya.

Kami  akhiri dengan  tanggal 1 Maret 1949- Serangan Umum 1 Maret.

Pada  1 Maret 1949, berlangsung serangan serentak besar-besaran di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Saat itu, Yogyakarta menjadi ibu kota Indonesia. Perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Yogyakarta diikuti oleh serangan dari Belanda Sekutu untuk menguasai Belanda. Peristiwa ini dikenal dengan Agresi Militer II Belanda.  Merespons serangan ini, militer Indonesia menunjukkan perlawanan di bawah komando Jenderal Soedirman.  Melalui serangan umum 1 Maret 1949, rakyat Indonesia ingin kembali menguasai ibu kota dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia masih eksis.Hasilnya, serangan umum 1 Maret ini sekaligus memperkuat posisi tawar Indonesia dalam perundingan di Dewan Keamanan PBB. Selain mendapatkan pengakuan PBB, keberhasilan ini membuktikan bahwa kekuatan militer Indonesia masih ada. Walau tak secara langsung, serangan ini memberikan dampak pada penyerahan kedaulatan RI pada 27 Desember 1949.///

Read 621 times Last modified on Tuesday, 02 March 2021 09:10
More in this category: « Hds