Wednesday, 28 April 2021 00:00

Penyebaran Varian Baru Covid 19 harus diatasi bersama secara global

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI KOMENTAR Negara negara di dunia masih harus terus waspada dan bersiaga mengahadapi ancaman virus Corona. Kini kewaspadaan harus ditingkatkan dengan menyebarnya varia baru Covid 19 dari India. Salah satu negara terbanyak penduduknya itu, kini masih sangat menderita akibat serangan Covid 19 baik virus jenis lama maupun varian yang baru. Saat duka nestapa akibat virus Covid 19 belum reda, malapetaka diperhebat dengan serangan varian kedua yang dideteksi lebih ganas dibandingkan varian  baru. Gelombang kedua pandemic Covid memang menerjang negara itu dengan laporan 350 ribu kasus baru dari virus   baru  

Ketika rumah rumah sakit tidak lagi dapat menampung jumlah yang terinfeksi  serta  kekurangan obat dan oksigen, krematorium pun tak lagi mampu membakar jenasah para korban. Karena itu tempat parkir dan lapangan yang kosong digunakan untuk mengkremasi mayat mayat korban Covid. Bagi warga negara asing selain sedih. pemandangan itu tentu dapat menimbulkan kengerian.

Tragedi di India itu kini merambah negara terdekatnya yaitu Nepal. Negara kecil dikawasan Himalaya itu harus berjuang keras melepaskan diri dari serangan virus yang tidak kasat mata itu. Namun kewaspadaan tidak hanya untuk negara tetangga terdekat India di Asia Selatan. Varian baru Covid itu kini terdeteksi di 17 negara. Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, menyatakan perkembangan ini sehubungan adanya 1200 laporan kasus pada data inisiatif sains global GISAID. Tanpa menyebut secara rinci 17 negara yang terinfeksi varian virus Covid baru, WHO dalam laporan mingguannya yang dikutip berbagai media menyebut, sampel infeksi vovid baru yang diunggah ke situs GIASID kebanyakan berasal dari India, Inggris, Amerika Serikat dan Singapura,

Infomasi tersebut tentu telah semakin membuat sejumlah negara waspada. Australia misalnya telah melarang masuknya penerbangan dari India. Indonesia juga tidak ingin kecolongan akibat masuknya warga negara India secara tidak terdeteksi, Kewaspadaan di Bandar Udara pintu masuk penumpang warga negara asing, khususnya India ditingkatkan.  

Malapetaka akibat pandemic Covid 19 memang belum usai, di berbagai negara seperti India bahkan semakin meningkat. Pemerintah dan masyarakatpun panik karena meningkatnya jumlah yang terinfeksi dan meninggal, serta sangat minimnya pelayanan.

Karena itu negara negara di berbagai penjuru dunia di lima benua memang tidak hanya harus waspada melainkan berusaha bersama mengatasinya. Negara negara maju harus memberikan bantuan yang dapat dilakukan untuk negara seperti India. Upaya multilateral bagi Kerjasama pengadaan vaksin Vovid19 merupakan salah satu upaya yang harus ditingkatkan.

Read 488 times Last modified on Wednesday, 28 April 2021 11:29