Friday, 02 July 2021 07:31

Tiongkok Tumbuh Menjadi Adi daya Baru

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Kamis (30/6) Beijing  merayakan genap satu abad atau 100 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok.Kantor Berita Nasional Tiongkok, Xinhuanet.com mengatakan,  selama 100 tahunPartai bentukan  Mao Zedong itu  telah menghantarkan Tiongkok menjadi sebuah negara sosialis modern dan paling maju di abad ke-21.Meski demikian capaian yang diraih bukanlah tanpa catatan hitam. Sebut saja kebijakan sosial dan ekonomi pemerintah pada tahun 60an yang menyebabkan jutaan orang kelaparan bahkan meninggal dunia. Belum lagi peristiwa Tiananmen di tahun 1989 yang mengakibatkan kekacauan dan menelan korban jiwa tidak sedikit.

Presiden Tiongkok Xi Jinping saat memberikan sambutan pada peringatan 100 tahun Partai Komunis Tiongkok, berjanji untuk menyelesaikan penyatuan kembali Tiongkok dengan Taiwan yang sudah lama memiliki pemerintahan sendiri. Menurut Xi, Tiongkok di bawah kepemimpinannya telah meningkatkan upaya untuk menegaskan klaim kedaulatan terhadap Taiwan.

Xi Jinping juga menyatakan Tiongkok telah berhasil bertahan dalam menghadapi berbagai  ujian dan  tekanan. Seperti perang  melawan  Covid-19, bencana banjir di bagian tengah dan timur negara itu, serta kemiskinan ekstrem di daerah pedesaan. Selain itu,  juga dalam hal melawan korupsi dan pelanggaran disiplin serta politik uang.

Secara Historis ataupun ideologis, Partai Komunis Tiongkok memang   terbukti bertanggung jawab penuh atas perkembang.an Tiongkok modern. Visi reformasi sejak kepemimpinan  Deng Xiaoping dan diteruskan hingga Xi Jinping sangat menguasai aspek birokrasi, militer dan yang  lainnya dalam  kehidupan bangsa Tiongkok Dengan model demokrasi terpusat itulahdi  usia seratus tahunnyaPartai Komunis Tiongkok berhasil menghantarkan negara ini menjadi  negara maju dari aspek ekonomi di abad ke-21 mengalahkan hegemoni Amerika Serikat dan Negara Barat sepanjang abad ke-20. -Demikian Komentar-

Read 410 times Last modified on Friday, 02 July 2021 20:16