Monday, 19 July 2021 07:23

“Sholat Adha Di Rumah, Untuk Mencegah Penularan Covid19”

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

“Sholat Adha Di Rumah, Untuk Mencegah Penularan Covid19”

Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam  jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021. Sayangnya Idul Adha tahun ini masih harus dilalui di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang belum juga usai. Terkait hal itu,  Menteri Agama RepublikIndonesia mengeluarkan Surat Edaran  yang meniadakan   sholat Idul Adha yang biasanya dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau lapangan. Di samping itu, penyembelihan hewan kurban yang merupakan bagian ritual dari Idul Adha pun diterapkan dengan protokol kesehatan yang ketatPemerintah juga telah menginstruksikan agar shalat Idul Adha 2021 dilakukan di rumah saja saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam surat edarannya menyebut aturan dikeluarkan untuk mencegah penularan Covid-19 kembali meluas setelah hari raya Idul Adha tahun ini.

Pernyataan itu diperkuat  imbauan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang meminta seluruh umat Islam Indonesiauntuk melakukan hal yang sama. Menurut Wapres"Berjemaah itu hukumnya sunah, tetapi menjaga diri dari pandemi COVID-19 itu hukumnya wajib sehingga hal yang wajib harusnya didahulukan daripada yang sunah,".

Mengutip ANTARA, Wapres Ma’ruf Amin Wapres menegaskan bahwa kebijakan tersebut bukan untuk menghalangi umat Islam beribadah melainkan melindungi masyarakat dari bahaya COVID-19.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan MUI dan alim ulama se-Indonesia pada 12 Juli 2021, Wapres yang juga merupakan seorang ulama itu, juga  mengingatkan bahwa menanggulangi Covid-19 merupakan tanggungjawab kebangsaan, kenegaraan, dan keagamaan. Wapres Ma'ruf pun mengajak para ulama bersama pemerintah meningkatkan peranannya untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Semoga, Surat Edaran  Menteri Agama Republik Indonesia tersebut dipatuhi masyarakat  dalam melaksanakan berbagai ritual dan tradisi selama Idul Adha 2021  guna  mencegah merebaknya penularanCovid-19. Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Sekian Komentar-

Read 459 times Last modified on Monday, 19 July 2021 09:58