Sunday, 28 November 2021 00:00

Curug Centel Bumi Jawa Tegal Jawa Tengah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI PESONA INDONESIA Salah satu daerah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yaitu Kecamatan Bumijawa, desa Gendong mempunyai air terjun yang bernama Curug Cantel Bumijawa. Curug atau air terjun ini berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, sehingga tidak mengherankan jika di sana udaranya cukup dingin. Curug yang berada tepat di bawah kaki gunung Slamet ini merupakan salah satu air terjun paling indah di Tegal, dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di masa liburan. Curug Cantel Bumijawayang terletak di perbatasan Tegal dan Brebes memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Karena ketinggiannya, maka tidak disarankan berenang di bawahnya, sebab air yang turun sangat deras dan bisa membahayakan.

Curug Cantel Bumijawa ini berada di antara dua buah tebing yang menjulang tinggi dan dihiasi dengan pepohonan yang masih sangat asri. Curug ini memang sangat indah, aliran airnya sedikit berundak di bagian bawah seperti menempel atau mengikat pada tebing yang ada di sampingnya. Keadaan seperti ini disebut warga sekitar dengan “cemantel” , yang artinya menempel . Oleh karena itu curug ini dinamakan Curug Cantel. Air dari curug Cantel Bumijawa ini sangat dingin, jernih dan bersih dan sangat menyegarkan. Walaupun tidak diperbolehkan berenang di kolam yang berada di bawah air terjun, tetapi pengunjung yang berada di sekitar air terjun masih bisa merasakan kesegaran air curug Cantel ini melalui cipratan airnya.

Walaupun letak curug Cantel Bumijawa ini strategis, tetapi jalur menuju curug ini cukup ekstrem. Pengunjung harus menyusuri sungai, bukit dan hutan untuk mencapai curug ini. Ini sangat cocok bagi anda yang suka berpetualang. Curug Cantel mulai dibuka jam 08.30 pagi sampai dengan jam 16.00 sore setiap hari. Fasilitas di curug ini sudah lengkap seperti area parkir yang luas, kamar mandi, mushola dan juga warung-warung makanan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar wisata anda ke curug Cantel mempunyai kesan yang mendalam. Anda harus memperhatikan keadaan cuaca sebelum berangkat, karena letaknya di antara tebing, maka akan sangat berbahaya apabila hujan besar. Selain itu bagi anda yang tidak tahan dengan udara dingin sebaiknya membawa baju hangat dan obat-obatan yang diperlukan. Yang terpenting adalah mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pengelola.

Read 272 times Last modified on Monday, 29 November 2021 11:05