Print this page
Friday, 19 July 2019 13:52

Kemenlu: Benny Wenda tak Pantas Raih Penghargaan.

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Plt. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah dalam press briefing di Jakarta, Kamis (18/7/2019). Plt. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah dalam press briefing di Jakarta, Kamis (18/7/2019). Foto : antaranews.com/Yashinta Difa.

 

Kementerian Luar Negeri RI menyatakan anggota kelompok gerakan separatis Kemerdekaan Papua Barat Benny Wenda tidak pantas menerima penghargaan terkait dengan perdamaian.Benny Wenda baru saja menerima penghargaan Oxford Freedom of the City dari Dewan Kota Oxford pada 17 Juli 2019, dengan predikat juru kampanye damai untuk demokrasi. Pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri  RI Teuku Faizasyah dalam press briefing di Jakarta, Kamis (19/7) mengatakan, kalau dari sisi pandang Kementerian Luar negeri, dia tidak layak menerima penghargaan karena faktanya dia baru tiga pekan lalu menyatakan bertanggungjawab atas pergerakan yang sifatnya politik dan bersenjata.

Meski demikian, Faizasyah menegaskan, pemberian penghargaan kepada Benny Wenda oleh Dewan Kota Oxford tidak merefleksikan kebijakan pemerintah Inggris, sehingga tidak bisa dianggap sebagai dukungan Internasional terhadap gerakan pro kemerdekaan Papua.Dalam keterangan tertulisnya, Kementerian Luar Negeri Inggris menegaskan dukungannya terhadap integritas teritorial Indonesia dan mengakui Papua sebagai bagian NKRI. 

Antara.

Read 368 times Last modified on Friday, 19 July 2019 14:58
Sumarno

Latest from Sumarno