Sumarno

Sumarno

21
February

 

Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia siap mengirim tambahan personel untuk membantu pengamanan agenda Pekan Olahraga Nasional ke-dua puluh yang akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 di Provinsi Papua. Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw di Timika, Jumat, mengatakan dirinya sudah mendapat pemberitahuan oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis untuk perkuatan pengamanan menghadapi agenda PON ke-duapuluh Papua.

Polda Papua menyiapkan 4.500 personel untuk pengamanan PON ke-duapuluh Papua yang akan berlangsung di empat kota yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika dan Merauke. (antara)

21
February

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio kini menggandeng Badan Informasi Geospasial (BIG), demi membidik lokasi-lokasi yang potensial untuk dikembangkan pariwisatanya. Wishnutama Kusubandio saat berkunjung ke kantor BIG di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis mengatakan, BIG akan mampu memberikan penjelasan yang detail tentang lokasi yang memiliki potensi. Ia juga mengaku akan mendapatkan informasi tingkat kerawanan bencana setiap wilayah tersebut.

Ia menambahkan, usahanya tersebut dilakukan demi menyediakan pariwisata yang memadai. Pasalnya, dari sektor pariwisata, pemerintah mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitarnya serta untuk negara. (antara)

21
February

 

Indonesia meminta agar kekerasan yang tengah terjadi di wilayah Idlib, Suriah saat ini segera dihentikan, dan mendorong semua pihak mengembalikan ketenangan di wilayah serta tidak memperpanjang penderitaan para warga sipil. Permintaan tersebut disampaikan Duta Besar Dian Triansyah Djani, Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, pada pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai Suriah, di New York. Dalam keterangan resminya Kamis (20/2), Duta Besar Djani menekankan kesepakatan gencatan senjata harus dihormati.

Menurut PBB, sejak eskalasi dimulai pada 1 Desember 2019, 900 ribu orang terlantar dan kehilangan tempat tinggal, mayoritas perempuan dan anak-anak. Sementara itu, PBB dan mitra kemanusiaan lain sudah kewalahan memenuhi permintaan bantuan kemanusiaan di lapangan. Duta Besar Djani menambahkan, kompleksitas konflik Suriah jangan ditambah dengan aksi-aksi maupun retorika yang semakin memprovokasi dan memperparah situasi yang ada. Saat ini merupakan waktunya menahan diri dan mencari solusi konkret bagi Suriah. (rri)

21
February

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memrogramkan pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu di lima provinsi pada tahun 2020. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilis di Jakarta, Kamis mengatakan, dari 11 PLBN, satu yang selesai dibangun yakni PLBN Sota di Merauke (Papua) karena memang dibangun tahun 2019.

Untuk PLBN Sota, Menteri Politik Hukum dan Keamanan akan melaporkan kepada Presiden tentang kesiapan untuk dapat diresmikan. Menurut Basuki Hadimuljono, 10 PLBN tersebut ditargetkan selesai pada akhir Desember 2020, kecuali PLBN Oepoli yang masih menunggu kesepakatan batas negara antara Menteri Luar Negeri RI dan Timor Leste. (antara)