Berita Internasional

Berita Internasional (565)

06
July

 

India akan membuka kembali Taj Mahal dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan. Pengunjung ke Taj Mahal harus menggunakan masker wajah setiap saat. Demikian pula mereka diwajibkan tetap menjaga jarak dan tidak menyentuh permukaan marmer monumen. Kementerian Pariwisata India melalui twitter, seperti dirilis Reuters, Minggu (5/7) mengatakan , monumen abad ke-17 itu akan dibuka lagi untuk pengunjung, Senin, 6 Juli.

Pembukaan tempat wisata itu dilakukan setelah penutupan   selama tiga bulan di masa pandemi COVID-19. Setelah pembukaan, hanya sekitar 5,000 pengunjung yang akan diperkenankan masuk. Demikian pula pengunjung akan dibagi 2 kelompok setiap harinya. Jumlah ini jauh dari sebelumnya yang bisa mencapai 80,000 sehari. Semua monumen akan diawasi dengan penerapan  protokol kesehatan seperti penggunaan sanitizer, social distancing dan peraturan lainnya.    (Reuters)

06
July

 

Presiden Ghana Nana Akufo-Addo akan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari atas saran dokter setelah seseorang dalam lingkaran terdekatnya dinyatakan positif mengidap virus corona.Menurut penjelasan pemerintah dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari Reuters, Minggu (5/7/2020), presiden akan terus bekerja selama periode tersebut, sesuai dengan protokol keselamatan COVID-19. Ghana telah mencatat 19.388 kasus virus corona, salah satu dari jumlah kasus tertinggi di Afrika sub-Sahara, dengan 117 meninggal dunia. RRI

06
July

 

Belasan diplomat Amerika Serikat  dan keluarga mereka meninggalkan Arab Saudi. Hal itu dilakukan setelah jumlah kasus infeksi virus corona di negara itu meningkat tajam.Dilansir dari Sputnik, Minggu  (5/7) surat kabar Amerika, Wall Street Journal melaporkan pekan lalu Departemen Luar Negeri Amerika mengizinkan personel diplomatik non-esensial untuk meninggalkan Arab Saudi.

Wall Street Journal  menambahkan dalam beberapa pekan terakhir diperkirakan semakin banyak diplomat yang akan meninggalkan negara itu.Menurut pemerintah Amerika setidaknya ada 30 karyawan di Kedutaan Besar Amerika  di Riyadh, yang sebagian besar bukan warga Amerika terinfeksi virus corona, meski sejak bulan Maret lalu mereka sudah bekerja dari rumah. republika

05
July

 

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza melepas Sembilan relawan Indonesia yang akan kembali ke Tanah Air.Mereka telah bertugas selama hampir 1,5 tahun di Jalur Gaza untuk pembangunan tahap dua Rumah Sakit (RS) Indonesia.Direktur Hubungan Internasional,  Abdullatif Al Haj mewakili Kementerian Kesehatan Palestina  dalam sambutan pelepasan relawan Indonesia menyampaikan apresiasi dan penghormatannya setinggi-tingginya kepada segenap relawan yang telah melakukan pembangunan Rumah Sakit  Indonesia untuk rakyat Palestina khususnya yang berada di Gaza Utara.

Seremoni pelepasan tersebut bertempat di Kantor Kemenkes Palestina, Jalur Gaza.Abdullatif seperti dilaporkan Republika, Sabtu (4/7) mengatakan, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) telah berhasil menjadi ujung tombak perantara tersampaikannya bantuan rakyat Indonesia pada rakyat Palestina.Keberadaan Rumah Sakit  Indonesia telah berhasil berfungsi menjadi Rumah Sakit  pusat di Gaza bagian utara, memberikan layanan kesehatan untuk Gaza Utara yang berpenduduk padat. republika

05
July

 

Sekitar 350 gajah di Bostwana, Afrika Selatan, mati mendadak sejak awal Mei 2020, misteri ini menjadi hal yang membingungkan bagi ilmuwan di beberapa negara.Niall McCann dari Lembaga National Park Rescue, mengatakan musibah tersebut awalnya diketahui oleh koleganya di Afrika.Selain itu, bangkai-bangkai gajah itu juga terlihat dari foto yang diambil dari udara.McCann seperti dilansir BBC Sabtu (4/7/2020) mengatakan, peristiwa kematian gajah bukan karena kekeringan belum pernah terjadi sebelumnya.

Mereka awalnya melihat 169 bangkai gajah.Tetapi, setelah dilakukan pencarian lanjutan, totalnya mencapai lebih dari 350 ekor.Pemerintah Bostwana saat ini sudah diberitahu masalah ini.Kemudian, mereka menyimpulkan tewasnya ratusan gajah itu bukan karena perburuan liar yang ingin mengambil gadingnya.Karena semua gading gajah yang mati masih utuh pada tempatnya. rri

03
July

VOI NEWS Tanah longsor di sebuah tambang batu giok di Myanmar utara menewaskan lebih dari 100 orang. Demikian dikatakan pihak berwenang pada hari Kamis, seperti dikutip Reuters. Dilaporkan tumpukan limbah tambang runtuh ke dalam sebuah danau, memicu gelombang lumpur dan air yang mengubur sejumlah penambang di daerah Hpakant yang kaya akan batu giok di negara bagian Kachin ketika "gelombang berlumpur" menabrak mereka.

Peristiwa itu terjadi menyusul hujan lebat, kata dinas pemadam kebakaran dalam sebuah posting Facebook. (reuters)

03
July

VOI NEWS Upaya Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memperpanjang pemerintahannya hingga 2036 akan terwujud, seiring disetujuinya perubahan konstitusional dalam pemungutan suara nasional. Dilansir AFP, Kamis (2/7), 60 persen surat suara telah dihitung setelah 6 hari pemungutan suara. Hasilnya, 76,9 persen rakyat mendukung amandemen konstitusi itu. Hasil pemungutan suara, hanya sedikit yang mengkritisi perubahan itu.

Yang beralasan hal itu sebagai bentuk manuver politik Putin agar dapat memimpin Rusia seumur hidup. Parlemen Rusia telah mengesahkan amandemen konstitusi pada minggu lalu. Namun Putin mengatakan, persetujuan pemilih sangat penting untuk memberikan legitimasi. (Antara)

03
July

VOI NEWS Lebih dari 80 orang tewas saat unjuk rasa di wilayah Oromiya, Ethiopia, setelah penembakan yang menewaskan seorang penyanyi terkenal. Musisi sekaligus aktivis Haacaaluu Hundeessaa ditembak mati pada Senin (29/6) yang menurut kepolisian merupakan pembunuhan terencana.

Ararsa Merdasa, kepala polisi Oromia, Ethiopia seperti dikutip AFP Kamis (2/7) mengatakan, dari jumlah korban tewas tersebut, 3 orang di antaranya merupakan anggota pasukan polisi khusus. (cnnindonesia)

02
July

 

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mendesak Israel agar tak mencaplok sebagian wilayah Tepi Barat. Dia bahkan menyatakan tak akan mengakui kedaulatan Israel atas wilayah yang dicaploknya jika hal itu dilakukan secara unilateral. Hal itu disampaikan Johnson melalui sebuah opini yang diterbitkan surat kabar Israel Yediot Aharonot pada Rabu (1/7). Dalam tulisannya, Johnson menyebut dirinya sebagai “teman Israel”. Hal itu mengingat dia pernah bekerja di Kibbutz, sebuah komunitas kolektif di Israel yang fokus pada bidang agrikultura.

Johnson dalam tulisannya, seperti dikutip laman Israel National News, Inggris selalu berdiri di samping Israel dan haknya untuk hidup sebagaimana bangsa lainnya dalam perdamaian dan keamanan. Kendati demikian, dia menilai pencaplokan Tepi Barat akan membahayakan kemajuan yang telah dibuat Israel dalam membangun hubungan dengan sejumlah negara Arab. Di sisi lain, tindakan demikian melanggar hukum internasional. Piahaknya ingin melihat hasil yang memberikan keadilan bagi Israel dan Palestina. Repb 

01
July

 

Inggris akan segera mengumumkan perubahan hukum untuk menegakkan karantina wilayah (lockdown) di Kota Leicester, tempat kasus COVID-19 terus melonjak. Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan Matt Honcock pada Selasa. Kota tua Leicester di Inggris menjadi area pertama Inggris yang menghadapi karantina lokal yang ditargetkan akibat wabah COVID-19 setelah pemerintah Inggris mulai melonggarkan pembatasan nasional pada awal Juni ini.

Leicester berkontribusi 10 persen dari seluruh kasus positif COVID-19 di Inggris dalam sepekan terakhir. Hancock mengatakan, dalam pengujian yang sangat signifikan yang dilakukan di Leicester, pihaknya melihat sejumlah kasus positif COVID-19 pada orang di bawah usia 18 tahun dan itulah sebabnya pemerintah memutuskan dengan berat hati untuk menutup sekolah di Leicester. Antara

Page 1 of 41