Print this page
Sunday, 25 February 2018 00:00

Tumis Kapah Dari Provinsi Kalimantan Utara

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Berwisata ke provinsi Kalimantan Utara untuk menikmati Tumis Kapah, kuliner khas dari Tarakan, Provinsi Kalimantan Timur.  

Kalimantan Utara merupakan provinsi yang tergolong baru di Indonesia, diresmikan pada tanggal 25 Oktober  2012 dengan ibukota Tarakan. Letak provinsi termuda di Indonesia ini berbatasan langsung dengan Malaysia, Sabah dan Serawak.  Penduduk  yang tinggal di Kalimantan Utara sangat beragam, ada yang berasal dari Sulawesi  Selatan, Dayak, Banjar, Bulungan, Tidung dan Kutai. Keanekaragaman etnis yang berada di provinsi ini tentu saja mempengaruhi  kulinernya. 

salah satunya adalah “Tumis Kapah”. Ini adalah nama kuliner tradisional kota Tarakan.  Kapah merupakan  bahan makanan yang mengandung banyak  protein. Kuliner ini sangat cocok bagi anda  yang ingin memenuhi  pasokan protein dalam tubuh. Kapah biasanya disajikan dalam bentuk tumis. Ditumis dengan bawang merah, bawang putih, kemudian ditambah lagi dengan  sambal jeruk nipis.

selain ditumis, Kapah juga bisa dimakan dengan hanya direbus dan kemudian dimakan dengan  sambal jeruk nipis. Apalagi pada waktu menikmati tumis kapah dan kapah rebus ini, ditemani dengan segelas  es kelapa muda, dijamin anda akan ketagihan merasakan nikmat dan gurihnya  jenis kerang laut yang hidup  di laut yang berlumpur ini.

Apabila anda sedang berada di Kalamantan Utara khususnya Tarakan, jangan lupa untuk mencicipi  tumis kapah.

Read 5388 times Last modified on Tuesday, 27 February 2018 09:18
Suprapto

Latest from Suprapto