Print this page
Tuesday, 06 February 2018 00:00

Taman Purbakala Pugung Raharjo

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Lampung merupakan sebuah provinsi paling selatan di pulau Sumatera. Berjarak 45 menit penerbangan dari Jakarta, Lampung mempunyai destinasi wisatanya lengkap, mulai wisata bahari, adventure, taman nasional, hingga wisata sejarah. Bagi anda yang suka akan wisata sejarah, lampung punya Taman Purbakala Pugung Raharjo yang wajib anda kunjungi. Taman purbakala berstatus cagar budaya itu menyimpan perjalanan waktu pada zaman prasejarah Hindu, Buddha, dan Islam. Lokasinya berada di desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Berjarak sekitar 52 kilometer dari kota Bandar Lampung, Taman Purbakala ini bisa ditempuh selama 2 jam dengan transportasi darat.

Tiba di lokasi Taman Purbakala Pugung raharjo, anda bisa langsung masuk ke objek wisata, karena situs purbakala ini tidak memungut tiket masuk. Masuk ke situs seluas 6 hektar ini, anda akan langsung menikmati keasrian alam situs ini yang letaknya berada di tengah perkebunan jagung dan jauh dari pemukiman warga. Berkunjung kesini, anda bisa melihat sejumlah situs purbakala, misalnya benteng parit, enam situs punden berundak, situs Batu Mayat, dan Kolam Megalitik. Benteng parit berbentuk persegi yang memanjang mengitari seluruh areal situs purbakala. Benteng dan parit itu kini hanya tampak seperti gundukan besar, yang tertimbun tanah dan ditumbuhi rerumputan. Dahulu kala, benteng parit ini difungsikan sebagai tempat perlindungan dari gangguan binatang buas atau serangan musuh. Masuk lebih dalam lagi, anda bisa melihat beraneka punden berundak. Ukuran punden bervariasi serta ada yang berundak satu, dua, dan tiga. Diprediksi, punden itu merupakan peninggalan zaman Megalitik sekitar 2.500 tahun sebelum Masehi.

Pada zaman dulu, punden difungsikan sebagai tempat pemujaan kepada arwah nenek moyang, atau sebagai kuburan. Di kawasan situs tersebut terdapat pula kompleks Batu Mayat. Ada sejumlah batu tersusun tegak dan datar membentuk persegi panjang menyerupai kandang. Terdapat pula batu berbentuk kemaluan laki-laki (lingga), batu bergores, batu bertuliskan huruf T yang melambangkan kesuburan (wanita), dan meja batu. Kompleks Batu Mayat dahulu kala difungsikan sebagai upacara yang berkaitan dengan pemujaan dan kesuburan. Di kompleks situs juga ada Kolam Megalitik. Konon, lokasi ini merupakan tempat untuk mengambil air guna memenuhi kebutuhan hidup dan keperluan ritual. Masyarakat setempat percaya, air di kolam tersebut merupakan air bertuah. Mereka mengambil air dari kolam sebagai pembawa keberuntungan, obat atau obat awet muda.

Benda-benda Peninggalan di Taman Purbakala Pugung Raharjo pertama kali ditemukan pada 14 Agustus 1957 oleh warga lokal. Selang beberapa tahun sejak ditemukan, dilakukankan berbagai penelitian di kawasan situs tersebut. Pada tahun 1977/1978 hingga tahun 1983/1984 dilakukan pemugaran di situs Pugung Raharjo oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Pembinaan Sejarah dan Purbakala. Kemudian situs ini dikembangkan menjadi objek wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo. Hasil penelitian arkeologi menunjukkan, Taman Pugung Raharjo adalah situs yang sangat unik dan menarik. Benda-benda peninggalan di situs ini secara kronologi begitu sangat lengkap, mulai dari masa prasejarah, klasik (Hindu – Budha), hingga ke masa Islam. Punden, kompleks Batu Mayat, dan Kolam Megalitik merupakan peninggalan zaman prasejarah. Adapun peninggalan zaman Hindu dan Buddha yang ditemukan di sekitar Taman Purbakala Pugung Raharjo antara lain arca Budhisatwa, arca Tipe Polinesia, Prasasti Bungkuk, mata uang China, dan keramik. Sementara peninggalan dari zaman Islam dibuktikan dengan ditemukannya Prasasti Dalung yang bertuliskan huruf arab. 

Read 1712 times Last modified on Wednesday, 07 February 2018 21:56
Suprapto

Latest from Suprapto