Friday, 23 February 2018 00:00

Daerah Tidung Kalimantan Utara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menghadirkan lagu-lagu dari daerah Tidung, Kalimantan Utara. lagu “Bebelin” merupakan salah satu lagu dari daerah Kalimantan Utara yang berbahasa Tidung. Lagu “Bebelin”  ini pernah dipopulerkan oleh penyanyi asal Malaysia, Siti Aisyah. Lagu ini diawali dengan kata inindang yang berarti bernyanyi. Seperti lagu Melayu pada umumnya lagu ini juga disusun seperti lirik pantun yang diulang-ulang dan berisi anjuran untuk mengikuti pesan atau petuah dari nenek moyang, seperti menjaga silaturahmi. “Bebelin”  kembali dipopulerkan oleh Fyka Julya yang memiliki karakter vocal yang kuat. Lagu ini merupakan salah satu lagu daerah dalam album bertajuk Tidung yang didukung oleh Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Tana Tidung, provinsi Kalimantan Utara. Baiklah saudara, selanjutnya mari kita dengarkan sebuah lagu daerah Tidung berjudul “Gurindan De Bibil Umo”.

lagu “Gurindam De Bibil Umo” yang dibawakan oleh Fyka Julya ini diluncurkan pada hari ulang tahun ke 6 Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara pada tahun 2013. Lagu “Gurindam De Bibil Umo” juga termasuk dalam album Tidung. Lagu ini dibawakan dengan sangat apik oleh Fyka Julya.

Suku Tidung di Kalimantan Utara merupakan suku anak negeri Sabah, rumpun melayu yang terdapat di Indonesia dan Malaysia. Tidak mengherankan jika budayanya, termasuk lagu dan musik daerah Tidung cukup kental dengan pengaruh Melayu. Suku Tidung beragama Islam dengan hukum dan adat Melayu seperti suku Banjar, Kutai dan Suku Pasir.

Untuk mengakhiri Pelangi Nada kali ini, kita dengarkan 2 buah lagu yang dibawakan oleh Fyka Julya  berjudul “Dindang Pagun”  dan “Berlayar Kunun”.

Read 1981 times